Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Siswa SMPN 3 Kahu

Isna Wati Amir(1*), Abdul Hakim(2), Nurhikmah H Nurhikmah H(3),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i1.28199

Abstract


Evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dalam pendidikan. Kebutuhan pada media evaluasi berbasis quizizz ini sesuai dengan kenyataan bahwa perlu adanya alat evaluasi yang menarik untuk di gunakan demi mempermudah proses evaluasi pada mata pelajaran  Bahasa Indonesia kelas VII di Smp 3 Kahu. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui bagaimana dan (2) Mengetahui bagaimana tingkat kevalidan dan kepraktisan alat evaluasi pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII Smp 3 Kahu. Jenis penelitian ini (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Data yang di olah nantinya berbantuk deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif di peroleh dari angket yang di berikan kepada validator materi, validator media dan Desain, guru pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII, dan siswa kelas VII C berjumlah 21 siswa. Sedangkan data kuantitatif di peroleh dari kritik dan saran yang di berikan oleh validator dan pengguna. Hasil validasi dari ahli materi dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh dengan kriteria valid. Hasil uji coba dan hasil uji lapangan soal di karegorikan valid semua dengan reliabilitas yang di peroleh pada tahap pertama di kategorikan tidak reabel dan pada tahap uji lapangan di kategorikan reabel. Pada penilaian peserta didik memperoleh dengan kriteria menarik.

Kata Kunci: Evaluasi; Quizizz


Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. (2015). Pembelajaran Buku Ajar. 3–139.

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Amornchewin, R. (2018). The Development of SQL Language Skills in Data Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students’ Learning Engagement. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 2(2), 83. https://doi.org/10.20961/ijie.v2i2.24430

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.

Çeker, E., & Özdamli, F. (2017). What “gamification” is and what it’s not. European Journal of Contemporary Education, 6(2), 221–228. https://doi.org/10.13187/ejced.2017.2.221

Haling, A., & Pattaufi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Badan Penerbit UNM.

Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran. UNY, Press.

Nasional, U. (2020). C. d. 0.0075 300. 300.

Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Suharsono, A. (2020). The Use of Quiziz dan Kahoot! in The Learning Millenial Generation. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 4(2), 332–342.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats