Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Moodle di SMK Islam Said Na'um Jakarta

Ariep Jaenul(1*), Agung Pangestu(2), Dian Nugraha(3), Arya Arief Budiman(4),

(1) Universitas Global Jakarta
(2) Universitas Global Jakarta
(3) Universitas Global Jakarta
(4) Universitas Mercu Buana
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i4.24195

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning pada masa pandemi covid-19 berbasis moodle di SMK Islam Said Na'um Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) untuk menghasilkan suatu produk berupa website e-learning. Pendaftaran pengguna baik guru dan siswa mendaftar secara mandiri, bagi pengguna yang sudah terdaftar akan mendapatkan peran sebagai pengguna yang terdaftar (pengguna asli). Untuk mengikuti mata pelajaran yang tersedia, pengguna yang terdaftar bisa mendaftar ke mata pelajaran tersebut secara mandiri dengan memasukkan sandi mata pelajaran sebelumnya yang sudah diberikan oleh guru. Administrator akan memberikan peran manager kepada akun guru dapat secara mandiri membuat dan mendaftarkan akunnya sebagai pengajar pada mata pelajaran yang diampu. Fitur-fitur untuk menyajikan bahan ajar yang sangat beragam seperti fitur page, buku, file, label, dan URL. Sementara aktivitas pembelajaran yang tersedia berupa Forum, Chatting, Assignment, Kuis, Survei, Feedback dan Questionnaire. Skor rata-rata yang didapatkan dari ahli media menyatakan bahwa kualitas e-learning yang dibuat berada pada kategori baik dan para pengguna yakin bahwa e-learning dapat digunakan secara efektif sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., Astuti, D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. 3, 57–62.

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 12, 8–12.

Al-yousif, S., Jaenul, A., Al-dayyeni, W., Alamoodi, A., Al-shareefi, N. A., & Saleh, A. H. (2021). A systematic review of automated pre- processing , feature extraction and classification of cardiotocography. PeerJ Computer Science, 32. https://doi.org/10.7717/peerj-cs.452

Ambarita, A. (2016). IMPLEMENTATION OF E-LEARNING SYSTEM USING THE SOFTWARE MOODLE IN POLYTECHNIC OF SCIENCE AND TECHNOLOGY WIRATAMA NORTH MALUKU. IJIS-Indonesian Journal on Information System, 2(September), 47–58.

http://ijiswiratama.org/index.php/home/article/view/17

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 Diterima. JURNAL LAMPUHYANG LEMBAGA, 11(2), 13–25.

Batubara, H. H. (2017). Sebagai Media Pembelajaran Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Al-Bidayah, 9, 1–10.

Batubara, H. H. (2018). PELATIHAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK DOSEN-DOSEN UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB BANJARMASIN. Journal of Character Education Society, 1(1), 57–66.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(April).

Hardyanto, R. H. (2016). PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE DAN VICON UNTUK PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK. Jurnal Pendidikan Vokas, 6(1).

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565

Inggriyani, F., Fazriyah, N., & Purbasari, A. (2019). Penggunaan E-learning Berbasis Moodle bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Jurnal SOLMA, 8(2), 268. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3695

Ismail, E., & Priyanti. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Technoprenership Berbasis E-Learning Di Era Pandemi Covid-19. Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 5(3), 1–14.

Khairani, N. A., Rajagukguk, J., & Derlina. (2020). Development of Moodle E-Learning Media in Industrial Revolution 4.0 Era. 384(Aisteel), 752–758. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.172

Khoir, H. M., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 1–7.

Luthra, P., & Mackenzie, S. (2020). 4 Ways COVID-19 Could Change How We Educate Future Generations. World Economic Forum. https://www.weforum.org/agenda/2020/03/4-ways-covid-19-education-future-generations/

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. JISAMAR, 4(2), 30–36.

Pangestu, A., Mohammed, M. N., Al-Zubaidi, S., Bahrain, S. H. K., & Jaenul, A. (2021). An internet of things toward a novel smart helmet for motorcycle: Review. AIP Conference Proceedings, 2320(March). https://doi.org/10.1063/5.0037483

Pangestu, A., Yusro, M., Djatmiko, W., & Jaenul, A. (2020). THE MONITORING SYSTEM OF INDOOR AIR QUALITY BASED ON INTERNET OF THINGS. SPEKTRA: Jurnal Fisika Dan Aplikasinya, 5(2), 141–152. https://doi.org/doi.org/10.21009/SPEKTRA.052.06

Pratiwi, E. W. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SEBUAH PERGURUAN TINGGI KRISTEN DI INDONESIA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1).

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rijal, A., & Sofiarini, A. (2019). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sd Berbasis Aplikasi Moodle Di Pgsd. Jurnal Basicedu, 3(4), 2071–2082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.266

Rosyanti, L., Hadi, I., Keperawatan, J., Kendari, P. K., Keperawatan, J., & Kendari, P. K. (2020). HIJP : HEALTH INFORMATION JURNAL PENELITIAN Dampak Psikologis dalam Memberikan Perawatan dan Layanan Kesehatan Pasien COVID-19 pada Tenaga Profesional Kesehatan 1. 12.

Santoso, D. H., & Santosa, A. (2020). Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. In Jurnal Kesehatan. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/63794548/BUKU_RAPID_RESEARCH_COVID-1920200630-66212-8rqrg2.pdf?1593584823=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DCOVID-19_DALAM_RAGAM_TINJAUAN_PERSPEKTIF.pdf&Expires=1595389567&Signature=YkOHM2JIx~C~GCwrDL

Setiawan, I. I., Jaenul, A., & Priyokusumo, D. (2020). P-75 Prototipe Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Face Recognition Berbasis Raspberry Pi 4 Prototype of Home

Security System Using Face. 496–501.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). ArtikelPenelitian / Article Reviu Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitain Dan Pengkajan Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10–18.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Wiguna, R., Sutisnawati, A., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Online Di Kelas Rendah Pada Masa Pandemic Covid-19. JURNAL PERSEDA, III(2), 75–79.

Yusro, M., Muhamad, M., & Jaenul, A. (2021). Pengembangan Trainer Aplikasi Multi-Sensors ( TAMS ) Berbasis Arduino dan Raspberry Pi. Risenologi, 6(1), 77–85.


Article Metrics

Abstract view : 1980 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article