Pelaksanaan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring Berbasis Budaya Siri’ Pada Mata Pelajaran Pkn Di Smp Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar

Asrul Burhan(1*), Abdul Haling(2), Farida Febriati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i3.21891

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami gambaran Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Daring Berbasis Budaya Siri' Pada Mata Pelajaran Pkn Di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan metode studi kasus model Miles and Hubermann. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan pengungkit data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter budaya siri tersebut telah diintegrasikan dengan baik karena jika siswa melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai pendidikan karakter budaya Siri maka pimpinan Sekolah,


Full Text:

PDF

References


Danim, Sudrawan (2012) Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Idris, M. (2016). Kajian Rekonstruksi “Budaya Siri” Bugis Ditinjau Dari Pendidikan Islam. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, (Online), Vol.4 No.1, http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ist iqra/article/view/263, (diakses 20 November 2020).

Kartayadi & Arnidah. 2018. Traditional Games as Media to Improve Students Social Interaction in Elementary Schools in Makassar, South Sulawesi. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), (Online), Vol.227 p134, https://www.atlantispress.com/proceedings/icamr18/55916873, (diakses 1 Desember 2020).

Miles, B.M & Huberman, A.M. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press.

Permendikbud. 2012. No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Kemendikbud : Jakarta

Purnomo, S. 2014. Pendidikan Karakter di Indonesia Antara Asa dan Realita. Jurnal Kependidikan, (Online), Vol.2 No.2, http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/inde x.php/jurnalkependidikan/article/view/55 3, (diakses 4 Desember 2020).

Rahi, A. (2019). Internalisasi Nilai Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge’dalam Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi. Jurnal Al Himayah, (Online), Vol.3 No.1, http://journal.iaingorontalo.ac.id/inde x.php/ah/article/view/881, (diakses 26 April 2021).

Rofi'ie, A. H. 2019. Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, (Online), Vol.1 No.1, https://waskita.ub.ac.id/index.php/was kita/article/view/49, (diakses 21 Desember 2020)

Sari, D. P. 2020. Kreativitas Pendidikan Karakter di Keluarga pada Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, (Online), Vol.1 No.pp, http://proceedings.ideaspublishing.co.id/i ndex.php/hardiknas/article/view/16, (diakses 24 Desember 2020).


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

            

   E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996 

Nurwahyuningsih Ibrahim: +62852-5581-6055

Fajrin Baids: +62853-4351-0765