Evaluasi Program Pembelajaran Ekonomi Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid Di SMAN 2 Salatiga
(1) Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(3) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i3.21618
Abstract
Mengingat kondisi saat ini yang tidak mendukung untuk pembelajaran secara langsung, maka kegiatan tersebut harus dilakukan, maka dari itu sekolah mendefinisikan pembelajaran online (dalam jaringan). E-learning merupakan sarana teknologi dengan menggunakan internet yang tidak langsung tetapi menggunakan media elektronik yang memudahkan peserta didik untuk belajar kapan saja atau di mana saja. E-learning merupakan pengalaman baru bagi pendidik dan peserta didik khususnya dalam pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran online yang dilakukan dengan menggunakan model konteks, masukan, proses, dan produk. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Jenis penelitian ini adalah model analisis deskriptif yang menggambarkan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, Jenis observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah partisipasi pasif. Observasi partisipatif pasif dilakukan dengan observasi tetapi tidak berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Wawancara, jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Dokumentasi yang digunakan untuk mempelajari data yang telah dikumpulkan.
Full Text:
PDFReferences
Ardiyanti, N. M. D., Mahayukti, G. A., & Sugiarta, I. M. (2020). Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Secara Daring di SMAN Kota Singaraja. Journal of Chemical Information and Modeling, 18(9), 136–157.
Arikunto, Suharsimi, dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2008. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Media Pembelajaran, ( Jakarta: Raja Grafindo, 2006), h.1
Asrifan, A., Festiawan, R., & Timorita Yulianti, R. (2020). Adaptasi Kebiasaan Baru Masyarakat Indonesia Pada Era Pandemi COVID-19: Tinjauan Berbagai Disiplin Ilmu (Issue December). https://www.researchgate.net/publication/ 347982809
Bilfaqih, Y dan Qomarudin, N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Eeng Ahman, H., & Yana Rohmana, M. (2019). Ilmu Ekonomi dalam PIPS. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 1–42.
Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.
Johan dan Riche Cyntia, Pengaruh Pesan Visual Web terhadap Pembentukan Motivasi Belajar Secara Visual. Dalam Mimbar Pendidikan UPI, Vol. XXXII No.3, 2008, h. 22
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal AtTa’dib, 6(1), 118.
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas. Vol.3 No.1
Nur Solihat, A., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif peserta didik Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II(X). https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.915
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.47 63
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis pembelajaran daring Terhadap Kejenuhan
Belajar Mahapeserta didik Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42– 54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
Rahardja, Prathama. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikro ekonomi & Makro ekonomi) edisi ketiga. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008.
Rusman. 2012. Manajemen Kurikuulum. Jakarta. Rajawali Pers.
Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013), h.3
Syaripudin dkk, Pedagogik Teoritis Sistematis, (Bandung: Percikan Ilmu, 2009), h.23
Umar, Husein. (2005). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Article Metrics
Abstract view : 712 times | PDF view : 106 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION
Jurnal JETCLC terindeks oleh
E-ISSN P-ISSN
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
Kantor Redaksi
Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Kontak:
Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996
Fajrin Baids: +62853-4351-0765
Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751