Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Merrisa Monoarfa(1*), Amir Amir(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i2.20337

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari karakteristik dan gaya belajar mahasiswa yang berbeda-beda yang akan mempengaruhi capaian hasil belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Teori-teori yang berkaitan dengan penelitian ini adalah teori belajar, gaya belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode peneltiian kuantitatif untuk mengetahui tingkat hubungan gaya belajar dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengolahan data dan penyajian data, melakukan penghitungan untuk mendeskripsikan data dan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik. Analisis statistik dimaksudkan untuk mendeskripsikan tingkat hasil belajar mahasiswa dalam proses perkuliahan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Untuk kepentingan tersebut, maka dilakukan perhitungan rata-rata untuk mengukur tingkat hasil belajar mahasiswa berdasarkan gaya belajarnya. Pengujian selanjutnya yaitu uji hipotesis yang berfungsi untuk mencari makna hubungan antara variabel X terhadap Y, maka hasil korelasi tersebut diuji dengan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan Ada hubungan yang signifikasi gaya belajar auditif dengan hasil belajar mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Sedangkan gaya belajar visual dan kinestetik tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar tersebut dengan hasil belajar mahasiswa.

 

Kata Kunci: belajar, gaya belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2013. Teknik analisis data. Bumi aksara. Jakarta.

Dalyono. 2005. Psikologi pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Dirman dan juarsih. 2014. Jenis-jenis gaya belajar. Pustaka belajar. Malang.

Djaali. 2016. Psikologi pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah. 2011. Ciri-ciri dalam belajar. Pustaka belajar. Malang.

Ghufron, sugiyono. 2014. Gaya Belajar. Pustaka Belajar. Jakarta

Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Hermawan. 2007. Meningkatkan hasil belajar. Upi Press. Bandung.

Humalik. 2008. Ciri-ciri belajar dan pembelajaran. Pustaka belajar. jakarta.

Khuluqo, Ihsan El. 2016. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Pustaka belajar. Jakarta.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Reflika Aditama. Bandung.

Purwanto Ngalim. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Surakarta.

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Kencana. Jakarta.

Ruminiati. 2007. Pengembangan Matematika. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Sudjana, yusuf. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. RemajaRosdakarya. Bandung.

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Kencana. Jakarta

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.Surabaya


Article Metrics

Abstract view : 170 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

            

   E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996 

Nurwahyuningsih Ibrahim: +62852-5581-6055

Fajrin Baids: +62853-4351-0765