Pengembangan Video Dokumenter Sejarah Kebudayaan Indonesia dalam Implementasi Pembelajaran Multikultural pada Kurikulum Nasional di SMP Negeri 10 Makassar

Awalia Yulinda Ningrum(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i2.20157

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini menjelaskan pengembangan video dokumenter dengan pendekatan R&D (Research and Development) berbasis model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, tahap desain, dan tahap pengembangan. Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan siswa akan keberadaan media pembelajaran yang mampu menyampaikan materi pelajaran dengan lebih baik. Sedangkan guru kurang memiliki kemampuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video dokumenter. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis kebutuhan video dokumenter sebagai media pembelajaran sejarah budaya Indonesia, 2) Merancang produk video dokumenter sejarah budaya Indonesia, 3) Mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan video dokumenter sejarah budaya Indonesia dalam penerapan multikultural. pembelajaran dalam kurikulum nasional di SMP Negeri 10 Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dilakukan observasi. Subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Makassar, yaitu siswa untuk tes kelompok kecil sembilan siswa dan tes kelompok besar dua puluh lima siswa, dan satu orang guru IPS. Hasil yang dicapai dalam pengembangan media video dokumenter menunjukkan bahwa validasi ahli media pembelajaran dan ahli isi / media pembelajaran menunjukkand that the documentary video produced is valid. The results of small group test, large group test, and social science teacher responses indicated that the documentary video produced is practical.

 

Keywords: Documentary Video, Multicultural Learning, Social Science, Indonesian Cultural History

 

ABSTRAK

Artikel ini menggambarkan pengembangan media video dokumenter dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE dengan tahap analisis, desain, dan pengembangan. Penelitian ini didasari oleh kebutuhan siswa akan kehadiran media pembelajaran yang mampu menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang lebih menyenangkan sedangkan guru belum memiliki kemampuan yang cukup untuk mengembangkan media video. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis kebutuhan media video dokumenter sejarah kebudayaan Indonesia, 2) Mendesain produk media video dokumenter sejarah kebudayaan Indonesia, dan 3) Mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan video dokumenter sejarah kebudayaan Indonesia dalam implementasi pembelajaran multikultural di SMP Negeri 10 Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan melaksanakan observasi. Subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Makassar yang berjumlah sembilan orang siswa untuk uji kelompok kecil dan dua puluh lima orang siswa untuk uji kelompok besar, serta satu guru Mata Pelajaran IPS. Hasil yang dicapai dalam pengembangan media video dokumenter berdasarkan hasil validasi ahli media pembelajaran dan ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa media video dokumenter yang dihasilkan valid. Hasil uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, serta tanggapan guru mata pelajaran menunjukkan bahwa media video dokumenter yang dihasilkan praktis.

 

K ata K unci : Video Dokumenter, Pembelajaran Multikultural, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sejarah Indonesia


Full Text:

PDF

References


Arnidah, Citra & Andromeda. 2019. The Development of Multicultural Education Model Through the Application of Local Content Curriculum in South Sulawesi. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. vol.372

Mahnun,Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 37 (1)

Nusa. 2015. Reserarch & Development (Penekitian Dan Pengembangan) Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahmawati,Lystia R, 2013. Pengembangan Video Dokumenter IPA Terpadu Berbasis Local Contant Batik Yogjakarta untuk SMP/MTs Kelas VII. Sripsi.Yogjakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Rasyid,Isran & Rohani. 2018. Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM: Vol.7 (1)

Rivasintha,Emusti. 2014. Muatan Materi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ips Sejarah di SMP Negeri Singkawang Utara Kota Singkawang. Vol. 11 (2)

Rusdi,M. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: Pt Raja Grafindo Persada.

Rusman,Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pendidikan. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Suryadi,Andy. 2012. Pembelajaran Sejarah dan Probematikanya. Jurnal Historia Pedagogia. Vol.1

Sutjipto. 2017. Implementasi Kurikulum Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 2 (1)

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wirasari Bain & Atno. 2018. Indonesian Journal Of History Education, Vol.6 (1)


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

            

   E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996 

Nurwahyuningsih Ibrahim: +62852-5581-6055

Fajrin Baids: +62853-4351-0765