Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Swadaya 1 Palu

Napisa Napisa(1*), Hernida Hernida(2), Kone Kone(3),

(1) SMK SWADAYA 1 PALU
(2) SMK SWADAYA 1 PALU
(3) SMK SWADAYA 1 PALU
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i2.20121

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh (1) penguasaan materi terhadap motivasi belajar siswa, (2) penguasaan teknologi terhadap motivasi belajar siswa, (3) strategi belajar terhadap motivasi belajar siswa dan (4) pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Swadaya 1 Palu dengan populasi 33 orang siswa, menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan Uji t dengan bantuan program SPSS for windows versi 16,0. Penelitian ini menemukan (1) penguasaan materi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, (2) penguasaan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa,

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, 2004.Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Oemar Hamalik.2003 Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT.Bumi

Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Refika Aditama

Republik Indonesia .UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen: Jakarta.

Republik Indonesia. 2017. Permendikbud RI nomor 16 tahun 2007 tentang kualifikasi akademik dan kompetensi guru.:Jakarta.

Tustiyana Windiyani dan Deddy sofyan, 2018. Hubungan pengelolaan kelas denganmotivasi belajar siswa. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar . 252-5564


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

            

   E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996 

Nurwahyuningsih Ibrahim: +62852-5581-6055

Fajrin Baids: +62853-4351-0765