IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 2 JENEPONTO

Putri Nurintan Aprilia(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i2.19833

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Penyandang Disabilitas di SLB Negeri 2 Jeneponto 2) Faktor Pendukung Kurikulum 2013 tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Penyandang Disabilitas di SLB Negeri 2 Jeneponto 3) Faktor Penghambat Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Tunagrahita di SLB Negeri 2 Jeneponto 4) Strategi yang digunakan pendidik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk anak tunagrahita di SLB 2 Jeneponto. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 untuk pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Jeneponto belum seluruhnya sesuai dengan standar pada kurikulum 2013. Kompetensi lulusan diprioritaskan pada sikap dan keterampilan sedangkan penguasaan ilmu tidak ditekankan. Standar isi, materi disederhanakan berdasarkan tingkat kecacatan peserta didik. Proses standar, proses pembelajaran dilakukan secara offline di rumah sesuai dengan protokol kesehatan. Standar penilaian adalah ulangan harian, ulangan tengah semester, ujian sekolah, dan penilaian proses pembelajaran. Faktor pendukungnya adalah kompetensi personal pendidik, sarana dan prasarana. Faktor penghambatnya adalah kemampuan siswa tunagrahita, sarana dan prasarana, peran orang tua dan. Strategi yang digunakan pendidik adalah strategi pembelajaran langsung.

 

Kata kunci : implementasi kurikulum 2013, pendidikan agama islam, anak tunagrahita


Full Text:

PDF

References


Aladdiin, H. F. M., & Bagus, A. M. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Penelitian Medan Agama, 10(2), 155.

Depdikbud. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No.54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Kelulusan. Jakarta: Depdikbud

Dedikbud. Undang-undang Dasar Republik Indonesia No. 187 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Pendidikan Khusus. Jakarta : Depdikbud

Fajri. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (SIKOMDIG) dalam Menerapkan Kurikulum Nasional di SMK Negeri 1 Takalar. Jetclc 1. 1.

Hajar, Ibnu. 1999. Dasar-Dasar Metodolologi Kualitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Harahap, M. A., Sinaga, A. I., & Halimah, S. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dengan Metode Drill untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Pelaksanaan Ibadah Pokok Bahasan Pengurusan Janazah di MTs Al-Ma’shum Rantauprapat Labuhanbatu. Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(3), 362–368.

Harahap, Abri muhammad.dkk. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dengan Metode Drill untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Pelaksanaan Ibadah Pokok Bahasan Pengurusan Janazah di Mts Al-Ma’shum Rantauprapat. Jurnal Edu Religia.1(3),354-268

Kurniawan, N.-. (2018). Pengaruh Standart Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektifitas Pembelajaran Di Tk Al-Firdaus. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 14–26.

Neolaka,F., Manggoa, M., Nenotek, S. A. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kupang Tengah Kabupaten Kupang Ajaran 2013/2014.Jurnal Pendidikan 1(10)2010-2015

Mulyasa, E,. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama di Sekolah. Jakarta: Kementrian Agama RI.

Purba, Syahfitri (2016). Studi Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Menjadi Guru Sekolah Luar Biasa Di Kota Medan. Jurnal Diversita,1(2),1-12.

Republik Indonesia. (2003). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Presiden Indonesia

Rosyid, Muhammad (2017). Peranan Orang Tua Anak Tunagrahita dalam Menunjang Pelaksanaan Pendidikan di Slb-Ac Dharma Wanita Kab. Sidoarjo. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 13(1), 38–48

Saputri, S., Ningsih, E. F., & Widyawati, S. (2017). Analisis Kesulitan Anak Tunagrahita Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Harapan Ibu Metro. MaPan, 5(2), 187–200.

Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract view : 233 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

            

   E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996 

Nurwahyuningsih Ibrahim: +62852-5581-6055

Fajrin Baids: +62853-4351-0765