KESIAPAN SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN E-LEARNING SEBAGAI DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI SDS PABRIK GULA TAKALAR

Anisa Nurrahmatullah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i2.19490

Abstract


Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu melihat kesiapan sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran online (E-Learning) di Sekolah Dasar Swasta Pabrik Gula Takalar dan indikator yang telah memenuhi dan perlu dipertahankan serta faktor yang masih lemah dan perlu ditingkatkan kembali dalam pelaksanaan E-Learning . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 63 orang yang dalam datanya menggunakan instrumen angket dengan jumlah soal 35 dan juga instrumen wawancara yang digunakan untuk menilai hasil dari angket. Penelitian ini menggunakan enam faktor ELR yang akan diketahui kesiapannya yaitu (1) kesiapan peserta didik (2) kesiapan pendidik (3) Infrastruktur (4) dukungan manajemen (5) budaya sekolah dan (6) kecenderungan tatap muka. Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Swasta Pabrik Gula Takalar. Responden pada penelitian ini adalah kepala sekoah, guru, peserta didik dan orang tua peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Swasta Pabrik Gula Takalar siap mengunakan E-learningnamun membutuhkan peningkatan dengan skor total ELR 3,68. Empat dari enam faktor menunjukkan kategori siap dengan peningkatan peningkatan dalam penerapan E-learning. Empat faktor tersebut yakni Kesiapan Peserta Didik dengan skor ELR = 3,64, Kesiapan Pendidik dengan skor ELR = 3,90, Faktor Dukungan Managemen dengan skor ELR = 4,34, dan Faktor Budaya Sekolah dengan skor ELR = 4,15. Adapun dua faktor lainnya dikategorikan masih lemah dan memerlukan peningkatan peningkatan yaitu Faktor Infrastruktur dengan skor ELR = 3,37 dan Faktor Kecenderungan Tatap Muka dengan skor ELR = 2,64.


Full Text:

PDF

References


Fuady, Muhammad Juharul.2016. Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online Untuk Pendidikan Jarak Jauh.Vol 26(2).148-154

Hadi,N,&Nur,I.2013.Tingkat Kesiapan (Readiness) Implementasi E-learning di Sekolah.Yogyakarta:Bumi Angkasa.

Kementrian Kesehatan.2020.Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Discase (COVID-19) .Jakarta: Republik Indonesia.

Kementrian Republik Indonesia.2010.Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 bagi Pemerintah Daerah.Jakarta: Pemerintah Pusat RI.

Pemerintah Republik Indonesia.2020.Peraturan Pemerintah No 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).Jakarta: Edupsycouns.

Pratiwi, Ericha Windhiyana.2020.Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran online di Indonesia.Vol 34(1).1-8.

Rusman.2008.Manajemen Kurikulum.Bandung: Program Studi Pengembangan Kurikulum Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusman.2012.Manajemen Kurikulum.Jakarta. Rajawali Pers.

Teddy,&Swatman,P,M,C.2006. E-learning Readiness of Hongkong Teachers. The journal Of Education Research University Of South Australia.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajran Inovatif Kontemporer.Jakarta:Bumi Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 239 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats