Pengembangan Media Video Pembelajaran Pendidikan Karakter Bertema Budaya Sipakatau Berbasis Luring Di SD Negeri 48 Lappae

Sani Annisa(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i2.19202

Abstract


Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran kebutuhan pengembangan media video pembelajaran pendidikan karakter bertema budaya sipakatau (2) melihat tingkat validitas pengembangan media video pembelajaran pendidikan karakter bertema budaya sipakatau dan (3) kepraktisan produk yang dikembangkan yang diintegrasikan dalam mata pelajaran Muatan Lokal di SD Negeri 48 Lappae, kabupaten Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah ini termasuk tahap penelitian observasi awal, peta KI, KD, observasi, pengambilan gambar, rekaman suara, dan pembuatan produk. Hasil analisis kebutuhan pengembangan media video pembelajaran pendidikan karakter bertema budaya sipakatau sangat dibutuhkan,Sebab selain dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam kelas, media pembelajaran video ini juga dapat membantu guru dalam hal pembinaan karakter siswa agar bisa saling memanusiakan manusia. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk media pembelajaran yang dinyatakan dalam kategori valid. Hasil Tanggapan guru sebagai pengguna media yang bertanggung jawab atas video pembelajaran pendidikan karakter sangat praktis untuk digunakan.

Kata Kunci: Media video, pendidikan karakter, budaya Sipakatau, Muatan loka l


Full Text:

PDF

References


Aharis. W.R, 2018. Pelakasanaan pendidikan karakter. Cetakan II. Bandung: Alfabeta.

Batan wicaksono, I. G. (2016). Pengembangan Karakter Bangsa Melalui Muatan.

Husni andi, 2018. Model pengembangan ADDIE Jakarta: Grasindo.

Sriwahyuni, A. 2018. Phinisi Integration Review Sipakatau Dalam Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik SD Se Gugus. 1(2).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, “tentang sistem pendidikan Nasional”

Permendikbud Pasal 2 Nomor 20 Tahun 2018 tentang “nilai-nilai pendidikan karakter” Jakarta.

Wijaya, M. S. A. (1996). Media Video Emotif Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Puisi. 735–742.


Article Metrics

Abstract view : 269 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

            

   E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996 

Nurwahyuningsih Ibrahim: +62852-5581-6055

Fajrin Baids: +62853-4351-0765