PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PLC OMRON PADA MATA KULIAH PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL MEKATRONIKA

Yasser Abd Djawad(1*), Sabran Sabran(2), Meity Cihta Artamevia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana mengembangkan serta mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran Programmable Logic Controller (PLC) Omron pada mata kuliah PLC di Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D atau Penelitian Pengembangan dengan acuan model pengembangan 4D (Four-D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahapan define (Pendefinisian), design (Perencanaan), dan develop (Pengembangan). Tahapan keempat yaitu disseminate (Penyebarluasan) tidak dilakukan dikarenakan penelitian ini dikhususkan untuk satu prodi pada Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Data penilaian kelayakan modul dikumpulkan berdasarkan kuesioner dengan menggunakan google form. Tingkat kelayakan modul ditentukan berdasarkan hasil penilaian validator ahli .Validator atau ahli terdiri dari validator materi dan validator media serta Mahasiswa sebagai respon terhadap modul Programmable Logic Controller. Hasil penelitian yang diperoleh adalah proses pengembangan modul pembelajaran PLC menggunakan model 4D yang dimodifikasi. Berdasarkan hasil penilaian tingkat kelayakan modul yang diperoleh dari ahli materi sebesar 85,29% ( Sangat Layak). Sedangkan dari ahli media sebesar 91,44% ( Sangat Layak). Dan respon mahasiswa sebesar 83,65% (Sangat Layak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PLC yang dihasilkan layak untuk digunakan dan diimplementasikan sebagai media pembelajaran mahasiswa di Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.