PENGARUH KETERSEDIAAN BANDWIDTH TERHADAP UNJUK KERJA VOIP (Voice Over Internet Protocol)

Tasri Ponta(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Protokol IP tidak memiliki pelaporan kesalahan (error reporting) dan mekanisme perbaikan kesalahan (error-correcting mechanism). Protokol IP juga tidak menyediakan mekanisme untuk host and management queries.
Pada Penelitian ini dirancang suatu perangkat lunak yang dioperasikan untuk melakukan tugas pemantauan (monitoring) terhadap konektivitas antar perangkat komputer di dalam jaringan LAN. Perancangan perangkat lunak ini menggunakan metode pengecekan ICMP (Internet Control Message Protocol); dengan mengirimkan suatu pesan echo-request dari host asal, dan menerima responnya kembali berupa pesan echo-reply dari host tujuan yang dipantau. Perangkat lunak monitoring jaringan ini diharapkan dapat digunakan oleh seorang pemakai (user) dalam mendeteksi kondisi status beberapa link pada jaringan yang dipantaunya secara real-time, apakah status link yang sedang dipantaunya berada dalam kondisi ‘up’ (alive) ataukah sebaliknya (kondisi link ‘down’).
Pesan-pesan echo-request dan echo-reply pada protokol ICMP didesain untuk mengidentifikasi adanya permasalahan di dalam jaringan. Gabungan dari echo-request dan echo-reply ini digunakan oleh seorang network manager atau seorang user untuk mengetahui apakah kedua sistem (pengirim dan penerima) dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya
Kata Kunci : IP, ICMP, Echo-request, echo-reply


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 220 times | PDF view : 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.