PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS (MATHEMATICAL REASONING) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI KOTA PALU

Nurul Inayah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2105

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian expost facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran matematis dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi pada materi statistika di kelas XI IPA SMA Negeri di kota Palu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri di kota Palu tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan two-stage proporsional stratified simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Palu, XI IPA-1 di SMA Negeri 3 Palu, XI IPA-2 di SMA Negeri 4 Palu, XI IPA-1 di SMA Negeri 6 Palu, dan XI IPA di SMA Negeri 8 Palu. Banyaknya sampel adalah 138 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis, Group Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan komunikasi pada materi statistika, dan tes kemampuan koneksi pada materi statistika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisis Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat interaksi antara kemampuan penalaran matematis dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi pada materi statistika (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi pada materi statistika antara siswa yang bergaya kognitif Field Independent (FI) dengan siswa yang bergaya kognitif Field Dependent (FD) (3) tidak terdapat perbedaan kemampuan koneksi pada materi statistika antara siswa yang bergaya kognitif FI dengan siswa yang bergaya kognitif FD (4) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi pada materi statistika antara siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis rendah (5) terdapat perbedaan kemampuan koneksi pada materi statistika antara siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis rendah.

Keywords


Penalaran Matematis, Gaya Kognitif, Komunikasi pada Materi Statistika, Koneksi pada Materi Statistika

Full Text:

PDF_Indonesia

References


Agung, Gusti Ngurah. 2006. Penerapan Model Rerata Sel Multivariat dan Model Ekonometri dengan SPSS. Jakarta: The Ary Suta Center.

Baiduri. 2015. Gaya Kognitif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Field Dependence-Independence. Artikel, (online),(http://e-jurnal.upgrismg.ac.id, Diakses pada tanggal 28 Maret 2016).

Hafiyushaleh. 2015. Literasi Statistik dan Urgensinya Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Sains & Ilmu Pendidikan, Volume 64, Nomor 1, Juni 2015, (online), (http://digilib.unipasby.ac.id/files/disk1/19/gdlhub--mohhafiyus-919-1-wahanav-h.pdf, Diakses pada tanggal 15 September 2015)

Hasbi, Muhammad. 2013. Pengaruh Kemampuan Trigonometri Terhadap kemampuan Fisika Dikaitkan dengan Gaya Kognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako. Tesis. Tidak Diterbitkan. Palu: Program Pascasarjana Universitas Tadulako.

Oh, Eunjoo., Lim, Doohun. 2005. Cross Relationship Between Cognitive Style and Learner Variables in Online Learning Envirobment. Journal of Interactive Online Learning, (online), Vol 4, No.1, (http://www.ncolr.org/jiol/issues/pdf/4.1.4.pdf, Diakses 15 September 2015.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sulani, Puji. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol.3, No. 2 Juli-Desember 2014 (online), (http://download.portalgaruda.org) Diakses pada tanggal 16 September 2015)

Sumarmo, Utari. 2013. Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan F-MIPA Universitas Pendidikan Indonesia

Ulpah, Maria. 2009. Belajar Statistika: Mengapa dan Bagaimana. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan,

Insania Volume 14, Nomor 3, Sep-Des 2009: 325-435, (online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=49323&val=3912, Diakses pada tanggal 17 September 2015)


Article Metrics

Abstract view : 1479 times | PDF_Indonesia view : 556 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of Educational Science and Technology (EST)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: