PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA & KINERJA GURU BK SMAN

Kulasse Kanto(1*),

(1) Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1514

Abstract


Penelitian ini mengkaji masalah utama sertifikasi terhadap kinerja guru Bimbingan dan Konseling Sarjana Bimbingan dan Konseling yang bertugas di SMA Negeri di Sulawesi Selatan. Kajian selanjutnya adalah  pengaruh sertifikasi terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja guru Bimbingan dan Konseling.   Metode penelitian yang digunakan adalah survey yang bersifat kuantitatif dan instrumen yang digunakan adalah skala penilaian dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan Analisis Jalur model Amos untuk uji pengaruh (sertifikasi, motivasi, kepuasan dan kinerja) dan Anava uji perbedaan (portofolio,  pelatihan dan belum sertifikasi) dengan didahului Analisis Deskriptif.Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui (i) potret atau gambaran deskripsi sertifikasi bentuk portofolio dan pelatihan terhadap motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja guru bimbingan dan konseling, (ii) pengaruh sertifikasi terhadap motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja konselor, (iii) pengaruh motivai kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja konselor dan (iv) pengaruh kepuaan kerja terhadap motivasi kerja konselor. Populasi dan sampel penelitian ini adalah konselor SMAN di Sulawesi Selatan populasi berjumlah 304 orang dan sampel yang diambil dengan teknik stratified  random sampling (area sampling) yang berjumlah 163 orang pada subjek untuk delapan Kota/Kabupaten pada area timur, selatan, tengah dan utara.  Subjek uji coba lapangan berjumlah 41 orang untuk SMK Negeri dan Swasta, MA Negeri dan Swasta serta SMA Swasta di Makasar.  Hasil penelitian adalah (i) gambaran  deskripsi  mean atau rata-rata, median dan standard deviation pada kinerja, motivasi dan kepuasan kerja guru bimbingan dan konseling cenderung bervariasi, tetapi tidak memiliki perbedaan signifikan, dan menunjukkan kurve-normal, tidak mencong ke kiri atau mencong ke kanan secara ekstrim. (ii) ada pengaruh sertifikasi terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja, (iii) ada pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja konselor pada penilaian kinerja  tertentu, dan (iv) ada pengaruh kepuasan kerja terhadap motivasi kerja konselor di sekolah

Keywords


Sertifikasi Motivasi, Kepuasan dan Kinerja.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1565 times | PDF view : 867 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Journal of Educational Science and Technology



Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: