PENGARUH KERJA TIM TERHADAP KINERJA GURU SMP

muhammad basir(1*),

(1) STKIP Puangrimaggalatung Sengkang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1512

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kerja tim terhadap kinerja guru pada SMP negeri Kabupaten Wajo, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat kausal. Populasi penelitian adalah  Sekolah Menengah Pertama yang berjumlah 52 Sekolah, dan 744 guru yang telah berstatus Pegawai Negeri SipilSampel untuk responden penelitian ini 294 guru yang ditentukan secara Claster Random Sampling,  pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, untuk menguji pola hubungan model yang dibentuk, digunakan analisis jalur ( Path Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa: kerja tim berpengaruh secara  langsung terhadap kinerja guru. Sedangkan berdasarkan hasil observasi penilaian kinerja guru pada umumnya menunjukan hasil bahwa guru di SMP Negeri dalam lingkup Kabupaten Wajo berada pada kategori amat baik. Kesimpulan penelitian ini  adalah variabel bebas mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Wajo. Artinya  variabel dalam penelitian ini mempunyai peran penting dalam meningkatkan mutu kinerja guru.

 



Keywords


Kata Kunci : tim kerja, kinerja guru

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 710 times | PDF view : 266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Journal of Educational Science and Technology



Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: