PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MAKASSAR BAGI SISWA SMP/MTs. DI SULAWESI SELATAN

Kembong Daeng(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i1.1139

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk menghasilkan produk  materi pembelajaran bahasa Makassar  bagi siswa SMP/MTs. yang layak dari segi isi, bahasa, dan penyajian. Desai penelitian yang digunakan mengacu pada penelitian  pengembangan Four-D oleh Thiagarajan (1974:5) yang   melalui empat  tahap, yaitu (1) pendefinisian; (2) perencanaan ; (3)  pengembangan, dan (4) penyebarluasan.  Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis domain dengan prinsip kritis dan reflektif. Materi pembelajaran ini divalidasi oleh  pakar pengajaran bahasa, linguistik, dan paakar sastra serta diujicobakan kepada guru bahasa Makassar tingkat SMP/MTs di Kota Makassar sebagai praktisi di lapangan...Temuan penelitian menggambarkan bahwa setelah produk ini drevisi, maka hasil penilaian produk akhir berada pada kategori sangat layak (92%).Demikian pula hasil uji coba praktisi (guru) di lapangan, berada pada kategori sangat layak (96%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk materi pembelajaran  bahasa Makassar yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai  salah satu sumber bahan ajar bahasa Makassar di Sulawesi Selatan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 532 times | PDF view : 288 times

Refbacks



Copyright (c) 2015 Journal of Educational Science and Technology



Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: