Rancang Bangun Aplikasi Absensi Menggunakan Fitur Global Positioning System Berbasis Website PT. Bandar Udara Internasional Jawa Barat

Imas Komalasari(1*), Nunu Nurdiana(2), Enang Rusnandi(3),

(1) Universitas Majalengka
(2) Universitas Majalengka
(3) Universitas Majalengka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jessi.v3i2.38103

Abstract


Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada PT. Bandar Udara Internasional Jawa Barat (PT. BIJB) diperoleh  masalah bahwa sistem absensi yang diterapkan   saat ini masih menggunakan sistem finger print yang mana masih terdapat beberapa kendala, diantaranya sering terjadi antian yang panjang apabila pegawai datang secara bersamaan dalam satu waktu tertentu sehingga proses absensi menjadi lebih lama, rawan terhadap penyusupan penggunaan jari palsu, rentan terhadap kerusakan, dan juga sistem fingerprint akan berjalan lambat apabila dipakai dalam jangka waktu yang panjang karena sensor yang berfungsi untuk mendeteksi karakteristik pegawai akan mengalami penyusutan pemakaian seiring berjalannya waktu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Rational Unified Process(RUP) yaitu suatu metode rekayasa perangkat lunak yang menggunakan konsep object oriented dengan model pengembangan Unified Modeling Language(UML), terdapat empat tahapan dalam penggunaannya yaitu inception, elaboration, construction,dan transition. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sistem aplikasi absensi menggunakan fitur global positioning system(GPS) berbasis website, yang mana input absensi ini hanya bisa dilakukan di area PT. BIJB saja sehingga mengurangi tingkat kecurangan dalam input absensi, dapat mempermudah pegawai dalam melakukan absensi karena dapat diakses menggunakan ponsel yang karyawan miliki, dan membantu Human Resources Departement (HRD) dalam merekap data absensi di PT. Bandar Udara Internasional Jawa Barat (Perseroda).


Keywords


Absensi; GPS; RUP; Bandar Udara; Finger Print

Full Text:

PDF

References


Azhari, L., Priyanggodo, D. Y., & Bahri, M. Y., Rancang Bangun Sistem Informasi Absensi dengan Menggunakan GPS Android Pada PT. Bank BNI Syariah, Tangerang : JIKA, 2021.

Khoir, S. A., Yudhana, A., & Sunardi, S. (2020). Implementasi GPS (Global Positioning System) Pada Presensi Berbasis Android DI BMT Insan Mandiri. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 4(1), 9-17.

Mulyadi, Ely., Prasetya, A. T., & Wiryawan, I. G., Penerapan Sistem Presensi Mobile dengan Menggunakan Sensor GPS (Klinik Pratama X Di Jember), Jember : JANAPATI, 2020.

Faizal, M. R., & Rahayu, S. (2019, December). Rancang Bangun Aplikasi Presensi Berbasis Android Dengan Global Positioning System. In SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi dan Riset Terapan) (Vol. 1, pp. 10-14).

Rosdiana, A. (2022). Sistem Informasi Absensi Berbasis Website Pada PT Marga Sejahtera Bersamatama (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta).

Bahar, M. M., Nurwahid, M. S., Putra, S. A., Parenreng, J. M., Wahid, A., & Irmawati, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Berbasis Web Pada Universitas Negeri Makassar. Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 2(1), 1-6.

Pratama, M., Delianti, V. I., Rancang Bangun Aplikasi Presensi tDengan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android (Studi Kasus : PT. Perkebunan Nusantara VI Unit Usaha Kayu Aro), Sumatra Barat : INCARE, 2021.

Sommerville, Ian, Software Engeneering (Rekayasa Perangkat Lunak) jilid 1, Jakarta : Erlangga, 2003.

Sommerville, Ian, Software Engeneering (Rekayasa Perangkat Lunak) jilid 2, Jakarta: Erlangga, 2003.

Tamtelahitu, T. M., Sambono, J., & Unenor, J. E., Perancangan Sistem Absensi Pintar Mahasiswwa Menggunakan Teknik QR Code dan Geolocation, Ambon : JIPI, 2021.


Article Metrics

Abstract view : 596 times | PDF view : 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources

 

 

Creative Commons License

Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems (JESSI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License