RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI E-PEMILU UNTUK PEMILIHAN KETUA HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN BERBASIS WEB

Hendrawaty Hendrawaty(1*), Adieth Try Aulia Lastana(2), Azhar Azhar(3),

(1) Politeknik Negeri Lhokseumawe
(2) Politeknik Negeri Lhokseumawe
(3) Politeknik Negeri Lhokseumawe
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jessi.v1i2.35132

Abstract


Pemilihan Umum Gubernur Jurusan merupakan kegiatan wajib tahunan di setiap kampus. Pada pemilihan suara secara manual menggunakan  kertas, masih sering terjadi kecurangan, seperti pemilihan ganda  dimana pemilih dapat memperoleh kertas lebih dari satu dan melakukan pemilihan lebih dari sekali, penyalahgunaan suara yang tidak terpakai oleh petugas yang tidak adil. Permasalahan tersebut akan mengundang kericuhan dari pihak mahasiswa yang merasa dirugikan dan akan membuat ricuh keadaan dalam pemilihan gubernur jurusan. Pada penelitian ini dibahas tentang rancangan dan pembuatan sistem e-pemilu berbasis website. Sistem ini dapat digunakan sebagai pengganti sistem pemilihan secara manual.  Pada tahap pendataan mahasiswa, pemilihan gubernur, perhitungan suara, dan perolehan hasil akhir dari pemilihan gubernur, semua akan dilakukan oleh sistem. Dari hasil pengujian sistem e-pemilu ini, data yang tampil serta hasil perolehan hasil akhir sudah sesuai dengan banyaknya pemilihan yang telah dilakukan oleh mahasiswa berdasarkan masing-masing pilihan


Keywords


Pemilihan umum, Aplikasi E-Pemilu, berbasis Web

Full Text:

PDF

References


Adhi, R. A., & Harjono. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Voting Berbasis SMS (Developing E-Voting Information System SMS Based). JUITA ISSN: 2086-9398 Vol. III Nomor 2, 85-93.

Hermawan, R., Hidayat, A., & Utomo, V. G. (2016). Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web (Studi Kasus : Yayasan Ganesha Operation Semarang). IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Volume 2 No 1, 31-38.

J. M. Parenreng, “Pengembangan Aplikasi Pariwisata Sulawesi Barat Berbasis Android,” vol. 01, p. 9, 2020.

M. Asdar and M. S. Lamada, “Pengembangan Aplikasi Finding Tutor Berbasis Android,” vol. 01, p. 11, 2020.

Machmud, R. (2013). Peranan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Efektivitas Kerja Pagawai Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (Lapastika) Bollangi Kabupaten Gowa. (Jurnal Capacity STIE AMKOP Makassar) ISSN : 1907-3313 Vol. 9 No. 3, 409-421.

Suryati, & Purnama, B. E. (2010). Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Rakyat Miskin Untuk Program Beras Miskin (Raskin) Pada Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 2 No 4, 32-41.


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources

 

 

Creative Commons License

Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems (JESSI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License