RANCANG BANGUN APLIKASI KRIPTOGRAFI UNTUK PENGAMANAN CITRA RGB 24 BIT MENGGUNAKAN ALGORITMA ELGAMAL

Hendrawaty Hendrawaty(1*), Toni Toni(2), Azhar Azhar(3),

(1) Politeknik Negeri Lhokseumawe
(2) Politeknik Negeri Lhokseumawe
(3) Politeknik Negeri Lhokseumawe
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jessi.v2i2.35130

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi informasi secara signifikan, keamanan data merupakan aspek penting dalam sistem teknologi informasi. Terutama didalam mengamankan distribusi dokumen dalam suatu jaringan komputer. Citra digital merupakan dokumen berbasis gambar yang sering tidak dipedulikan dampak negatifnya bila dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak terjadi manipulasi gambar dengan bentuk yang tidak berkenan dan pemilik gambar aslinya merasa dirugikan karena gambar yang telah dimanipulasi telah menunjukkan gambar yang buruk baginya. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem yang bisa memberikan solusi untuk masalah tersebut. Pada penelitian ini akan dibahas suatu sistem kriptografi untuk mengamankan data citra menggunakan algoritma ElGamal. Citra yang dienkripsi yaitu citra RGB 24 bit dengan format JPG/JPEG. Hasil dari sistem ini adalah citra RGB 24 bit yang tidak dapat dikenali lagi (sudah teracak) dari citra aslinya.  Dengan adanya sistem ini dapat mengamankan data gambar dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan, sehingga hanya pihak-pihak tertentu saja yang dapat melihat bentuk asli dari gambar yang disimpan atau yang didistribusikan. 


Keywords


Kriptopgrafi; Algoritma ElGamal; Pengamanan Citra

Full Text:

PDF

References


R. A. Mollin, An Introduction to Cryptography, Second. Taylor & Francis group, LLC: Boca Raton, USA, 2007.

A. Wahid and R. Wardoyo, “An Implementation of Audio Security Using DES Algorithm,” IJCCS, vol. 1, no. 2, pp. 130–137, 2007.

A. Wahid, Y. Sengoku, and M. Mambo, “Toward constructing a secure online examination system,” in Proceedings of the 9th International Conference on Ubiquitous Information Management and Communication, Bali Indonesia, Jan. 2015, pp. 1–8. doi: 10.1145/2701126.2701203.

D. Ariyus, Pengantar Ilmu Kriptografi. Jogjakarta: Penerbit Andi, 2008.

Dharwiyanti, Sri, ”Pengantar Unified Modeling Language (UML)”. Ilmu Komputer, 2013.

A. Ihsan, Implementasi Kombinasi Rivest Shamir Adleman (RSA) dan ElGamal dalam Penyandian Citra Bitmap”. Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara, 2015.

S. Lubis, Kriptografi Kunci Publik Algortima ElGamal dengan Metode The Sieve Of Eratosthenes untuk Pembangkitan Bilangan Prima”. Tugas Akhir Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, 2012.

Prima”, “Tugas Akhir Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara.”

R. D. Purba, Enkripsi Citra Digital Menggunakan Arnold’s Cat Map dan Nonlinear Chaotic Algorithm”. Medan: STMIK MIKROSKIL.

D. Putra, Pengolahan Citra Digital”. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.

E. Setyaningsih, Penyadian Citra Menggunakan Metode Playfair Cipher”. Yogyakarta: Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

A. Wahid and M. Mambo, “Implementation of Certificateless Signcryption based on Elliptic Curve Using Javascript,” vol. 1, no. 3, p. 11, 2016.


Article Metrics

Abstract view : 162 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources

 

 

Creative Commons License

Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems (JESSI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License