SISTEM INFORMASI UJI KOMPETENSI TENAGA TEKNIK KETENAGALISTRIKAN BERBASIS WEB

Azhar Azhar(1*), Molita Sari(2), Atthariq Atthariq(3),

(1) Politeknik Negeri Lokseumawe
(2) Politeknik Negeri Lokseumawe
(3) Politeknik Negeri Lokseumawe
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jessi.v2i2.35129

Abstract


Uji kompetensi merupakan sebuah evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui seberapa kompeten seseorang dalam suatu bidang, dalam hal ini bidangnya adalah listrik. Ujian yang dilakukan oleh sebagian besar lembaga sertifikasi kompetensi masih secara konvensional yaitu pelaksanaannya menggunakan kertas dan proses pengkoreksiannya berlangsung lama. Proses pengkoreksian tersebut dapat dipermudah dengan sistem uji kompetensi. Pada sistem ini terdapat 114 unit kompetensi dan 3 level soal, peserta akan mengikuti ujian sesuai dengan unit kompetensi yang didaftarkan. Peserta dan asessor hanya dapat mengakses sistem apabila akunnya telah diaktifkan oleh admin. Soal ujian yang terdapat pada sistem ini  ada  5  jenis  yaitu  soal  essai,  pilihan  ganda,  benar-salah,  menjodohkan  dan memberi label. Soal essai dan memberi label akan diperiksa secara manual oleh asesor. Apabila hasil ujian belum diperiksa, maka status hasilnya adalah pending, status akan berubah secara otomatis menjadi kompeten atau belum kompeten bila jawaban telah diperiksa. Proses penilaian dan hasil ujian dari sistem uji kompetensi ini dibuat semirip mungkin dengan uji kompetensi berbasis kertas (paper based). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpukan bahwa sistem dapat berjalan sesuai perancangan. 


Keywords


Uji Kompetensi; Sertifikasi Ketenagalistrikan

Full Text:

PDF

References


Deacon, J. Model-View-Controller (MVC) Architecture. JOHN DEACON Computer Systems Development, Consulting & Training, 2009.

Ferdinand, G.A.A., Rancang Bangun Sistem Informasi Persuratan dan Kearsipan Universitas Udayana, 2012.

Hidayat, Arif & Bayu Surarso. Penerapan Arsitektur Model View Controller (MVC) Dalam Rancang Bangun Sistem Kuis Online Adaptif. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta, 2012.

Kadir, Abdul. Dasar Pemrograman Web dengan ASP. Yogyakarta: Andi Offset Yogjakarta, 2005

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta, 2009


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources

 

 

Creative Commons License

Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems (JESSI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License