Pengembangan Sistem Informasi Smart Library Berbasis Ibeacon Pada Perpustakaan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro

Massikki Massikki(1*), Dyah Vitalocca(2), Widyawati Ahmad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jessi.v3i1.31498

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi Smart Library pada perpustakaan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro yang diintegrasikan dengan iBeacon. Model pengembangan yang digunakan adalah prototyping dan menggunakan pengujian standar kualitas ISO/IEC 25010 dengan pengujian 5 aspek yakni fungsionality suitability, usability, efficiency, reliability  dan maintainability. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket dan data dianalisis menggunakan Teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan sistem informasi smart library pada perpustakaan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro  yang mengelola: data anggota, data buku, dan data transaksi peminjaman dan pengembalian buku. Hasil pengujian sistem informasi diperoleh hasil: pengujian aspek fungsionality suitability memperoleh kategori acceptable (diterima), pengujian aspek reliability berdasarkan pengujian click test, time test dan ramp test memperoleh 100%. Pengujian aspek efficiency berada pada kategori baik. Pengujian aspek maintainability diperoleh kesimpulan yang mudah diperbaiki apabila terdapat kesalahan. Dan pengujian aspek usability dengan jumlah responden sebanyak 32 orang dari mahasiswa aktif dengan 15 pertanyaan diperoleh rata-rata persentase kelayakan 85,45% dengan kategori “Sangat Baik”, dan 4 responden dari admin perpustakaan dengan 24 butir pertanyaan diperoleh rata-rata persentase kelayakan 90,20% dalam kategori “Sangat Baik. Hasil pengujian keakuratan uji coba jarak tangkap alat iBeacon berada pada 20 meter pada ruang terbuka dan 10 meter pada ruang tertutup, sehingga dapat disimpulkan alat iBeacon dapat berfungsi dengan baik pada ruang perpustakaan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro.


Keywords


ISO/EC 25010; Smart Library; Ibeacon

Full Text:

PDF

References


D. H. Maniah, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembahasan Secara Praktis dengan Contoh Kasus”. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

R. Baharudin, “Keefektifan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi”,” Tadris, vol. 5, no. 1, pp. 112–127, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

K. A. Hafizd and S. Rabini, “Sistem Infromasi Perpustakaan Politeknik Negeri Tanah Laut”.” 2017.

Sugiyanto, “Model-model pembelajaran inovatif. Sukarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.” 2009.


Article Metrics

Abstract view : 216 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources

 

 

Creative Commons License

Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems (JESSI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License