Pengembangan Sistem Pakar Identifikasi Kepribadian Mahasiswa PTIK menggunakan Metode Forward Chaining

Sri Wahyuni Andini(1*), Firdaus Firdaus(2), Dyah Darma Andayani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jessi.v2i2.23112

Abstract


Pengembangan Sistem Pakar Identifikasi Kepribadian Mahasiswa PTIK menggunakan Metode Forward Chaining. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing : Firdaus dan Dyah Darma Andayani)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Pakar Identifikasi Kepribadian Mahasiswa PTIK menggunakan Metode Forward Chaining. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D). Pengembangan sistem ini dilakukan dengan model pengembangan Waterfall yang menggambarkan metode pengembangan linier dan berurutan. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang. Sistem ini telah melewati tahap pengujian perangkat lunak menggunakan ISO 25010 dengan hasil pengujian kualitas sistem diperoleh nilai functionality satu (1) yang berarti telah memenuhi standar atau memliki fungsionalitas, usability menghasilkan persentase 86% (Sangat Layak), portability dengan aplikasi browser pada windows dan android dapat berjalan dengan 100% (Sangat Baik), reliability menghasilkan persentase 100% (Sangat Layak), dan performance efficiency menghasilkan persentase 92% atau menampilkan hasil kategori yang sangat baik.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Kepribadian, Waterfall, Forward Chaining.

 

Full Text:

PDF

References


Andayani, D. D., & Dirawan, G. D. (2019). Pengembangan sistem informasi publikasi ilmiah menggunakan Model System Development Life Cycle berbasis dynamic web. In Seminar Nasional LP2M UNM.

Pervin. L. A., & Oliver P. J. (2000). Personality Theory & Research. 8thedition. John Wiley & SonsIc. New York.p 256-271.

Ramdhani, N. (2012). Adaptasi Bahasa Dan Budaya Dari Skala Kepribadian Big Five. Jurnal Psikologi, 39(2), 189-205.

Rohman, F. F., & Fauzijah, A. (2008). Rancang bangun aplikasi sistem pakar untuk menentukan jenis gangguan perkembangan pada anak. Media informatika, 6(1) : 1-23.

Sembiring, Abdul Sani. (2013)."Sistem pakar diagnosa penyakit dan hama tanaman padi." Pelita Informatika: Informasi dan Informatika 3(1) : 1-8.

Tobing, M. S. (2019). Upaya Guru Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Spiritual Quotient Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di MTSN 2 Deli Serdang (Doctoral


Article Metrics

Abstract view : 335 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources

 

 

Creative Commons License

Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems (JESSI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License