Pengembangan Aplikasi Pariwisata Sulawesi Barat Berbasis Android

Zulkiplih Zulkiplih(1*), Syahrul Syahrul(2), Jumadi Mabe Parenreng(3),

(1) UPT. TIK Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jessi.v1i1.13645

Abstract


Sulawesi Barat memiliki banyak wisata yang menarik tetapi banyaknya tempat-tempat wisata yang ada di Sulawesi Barat tidak semuanya dapat diketahui oleh para wisatawan dengan mudah. Dikarenakan kurang lengkapnya informasi wisata yang ada di Sulawesi Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi media informasi wisata, hotel dan event untuk masyarakat atau wisatawan berbasis android, serta untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan dalam memperoleh informasi tempat wisata, hotel dan event yang ada di sulawesi barat dan untuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap aplikasi sebagai media informasi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototype yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi prototyping, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem dan menggunakan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah 1) bentuk penyajian infromasi wisata, hotel dan event kepada masyarakat menggunakan aplikasi berbasis android. 2) aplikasi pariwisata Sulawesi Barat mendapatkan tanggapan yang sangat layak dari pengguna berdasarkan pengujian perangkat lunak menggunakan ISO 25010 pada aspek usability. 3) hasil pengujian aplikasi menggunakan iso 25010 pada aspek functional suitability, performance efficiency, compatibility dan portability aplikasi berkualitas baik.


Keywords


Media informasi; wisata; android; ISO 25010.

Full Text:

PDF

References


Judisseno, Rimsky., "Aktifitas dan Kompleksitas Kepariwisataan". Jakarta : Gramedia, 2017

Kirom et al., “Faktor-faktor penentu daya Tarik wisata budaya dan pengaruhnya terhadap kepuasan wisatawan”. Teori, penelitian dan pengembangan. Vol. 1, no. 3, 2016.

Masruri, M. Hilmi., "Buku Pintar Android". Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

Juansyah, Andi., “Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted global positioning system (A-GPS) dengan platform android”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), vol. 1, no. 1, 2015.

Mulyani, Sri., "Metode Analisis dan Perancangan Sistem". Bandung: Abdi Sistematika. Bandung, 2016.

Sugiyono, "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D". Jakarta: Alvabeta, 2016.

Muslihudin, Muhammad dan Oktafianto., "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML". Jakarta: ANDI, 2016.

Agung, M., Wahid, A., and Parenreng, J.M., "Integrasi E-Office UPT. ICT Center UNM Dengan Online Smart Digital Signage." Jurnal MediaTIK Vol. 2. No. 2., 2019.

Iso25000. (2019) ISO / IEC 25010[online]. Available: https://iso25000.com/index.php/en/iso-25000-standards/iso-25010?limit=3&limitstart=0.

Wahid, A., and Luhriyani, S.. "Pengembangan Model Online Digital Signage berbasis XIBO di Fakultas Bahasa dan Sastra UNM." Seminar Nasional LP2M UNM. Vol. 2. No. 1. 2017.

Helmi et al., "Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh DLLAJ Kabupaten Bogor". Jurnal Governansi, vol. 2, no. 1, Pp. 51-51, 2016.


Article Metrics

Abstract view : 991 times | PDF view : 429 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources

 

 

Creative Commons License

Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems (JESSI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License