PENERAPAN FRAMEWORK BOOSTRAP PADA SISTEM INFORMASI TEMPAT KULINER KHAS MAKASSAR BERBASIS ANDROID
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jessi.v1i1.13534
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi kuliner sebagai alternatif pencarian lokasi kuliner khas khusunya kota Makassar berbasis android dan mengetahui kinerja dari sistem informasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode waterfall. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar dengan jumlah responden 30 orang. Data penelitian diperoleh dengan teknik pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: Telah dihasilkan sistem informasi Tempat Kuliner Khas Kota Makassar Berbasis Android. Hasil pengujian menggunakan ISO 9126 pada sistem menunjukkan bahwa sistem mempunyai fungsionalitas yang baik, semua fungsi dapat bekerja dengan baik dan telah memenuhi spesifikasi kebutuhan. Hasil pengujian pengguna menunjukkan bahwa sistem informasi telah dapat diterima oleh pengguna dan dapat digunakan sebagai salah satu media untuk mencari lokasi kuliner khas kota Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, H. (2013), Responsive Web Design
dengan PHP dan Bootstrap, Yogyakarta :
Lokomedia
Alatas. H.(2015). Proyek Membangun
Responsive Web Design Dengan Boodstrap
& 4, Yogyakarta : Lokomedia
Bolung, M & Ronald, H. 2017. Analisa Penggunaan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak. Yogyakarta: Jurnal ELTIKOM, Vol. 1 No. 1, Juni 2017. ISSN 2598-3288
Ginanjar, F., dkk. 2015. Analisis dan Perancangan Prototype Smart Home dengan Sistem Client Server Berbasis Platform Android Melalui Komunikasi Wireless. Bandung: E-Proceeding of Engineering, Vol. 2, No.2. ISSN 2355-9365.
Hendini, A. 2016. Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Pejualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Pontianak: Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. IV, No.2.
Jogiyanto. 2000. Sistem Informasi Berbasis Komputer. Penerbit BPFE Yogyakarta.
Juansyah, A. 2015. Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System (A-GPS) dengan Platform Android. Bandung: Jurnal Ilmiah komputer dan Informatika, Edisi 1 Volume 1 ISSN 20899033.
Mahdia, F,. dkk. 2016. Pemanfatan Google Maps API untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Lpgistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web. Yogyakarta: Vol 1 No. 1, ISSN 2338-5197.
Mubarak, M & Hermawaty. 2017. Perancangan Sistem Informasi Katalog Skripsi Perpustakaan Stmik Amikbandung Berbasis Web. Bandung: Vol. 01, No. 02, Juni 2017, ISSN 2549-9351
Munawar. 2007. Pemodelan Visual dengan UML. ISBN 979-756-069-1, Penerbit Graha Ilmu.
Novita, T,. 2016. Analisis Kualitas dan Pengembagan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web menggunakan Standard ISO 9126. Yogyakarta: Vol 1 No. 1.
Soenardi, T. 2010. Pustaka Kuliner Lengkap; 1500 Resep Masakan Sehat untuk Bayi Hingga Manula. Penerbit Gramedia.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Penerbit Alfabeta.
Yudhanto, Y. 2018. Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. ISBN : 9786020455051. Penerbit : Elex Media.
Yudhanto, Y. & Helmi Adi Prasetyo.
“Panduan Mudah Belajar Framework Laravel”. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2018.
Article Metrics
Abstract view : 300 times | PDF view : 89 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems (JESSI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License