PEMETAAN KARAKTERISTIK DAN DETERMINAN KEMISKINAN KOMUNITAS NELAYAN PATORANI DI DESA PA’LALAKANG KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR

Erman Syarif(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v4i2.32479

Abstract


 Abstrak

Penelitian ini bertujuan:1) untuk mengetahui karakteristik Kemiskinan nelayan Patorani, 2) untuk mengetahui faktor-faktor  penyebab kemiskinan nelayan Patorani, dan 3) untuk mengetahui upaya meredam kemiskinan  nelayan Patorani.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi Penelitian di di Desa Pa’lalakang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Sumber data dalam penelitian ini adalah Informan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi verifikasi data dengan reduksi data, kategorisasi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.  Hasil Penelitian Menunjukkan: 1) Karakteristik kemiskinan komunitas nelayan Patorani di Desa Pa’lalakang Kecamatan Galesong dapat diidentifikasi dari beberapa aspek yakni: umur, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, penguasaan keterampilan,kepemilikan modal, pengalaman bekerja, dan lama melaut, 2) Faktor penyebab kemiskinan komunitas nelayan Patorani di desa Pa’lalakang yaitu: perubahan iklim, kurangnya hasil tangkapan, terbatasnya modal yang dimiliki, Kualitas sumber daya manuasia, kebiasaan nelayan, teknologi yang digunakan, dan peranan lembaga ekonomi, dan 3) Upaya yang dilakuakan oleh keluarga nelayan dalam meredam kemiskinan pada komunitas komunitas nelayan Patorani di Desa Pa’lalakang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar adalah peningkatan produksi perikanan, peningkatan pendapatan nelayan, dan tersedianya lapangan kerja baru. Penelitian ini diharapkan menjadi data dan informasi dasar serta bahan masukan dalam perumusan kebijakan dalam peningkatan pendapatan nelayan tradisional dan sebagai upaya pengentasan kemiskinan.


Keywords


Pemetaan; Karakteristik; Kemiskinan; Nelayan Patorani

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamdani, H., & Wulandari, K. 2016. Faktor Penyebab Kemiskinan Nelayan Tradisional (The Factor of Poverty Causes Traditional Fisherman). E-Sospol, 3(1), 62-7.

Hempri, 2004, Pendekatan Kultural Dalam Pemberdayaan Nelayan (Sebuah Reorientasi Kebijakan Pemberdayaan Masyarakat Nelayan), Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media.

Humaedi, M. A. 2017. Kemiskinan nelayan: Studi kasus penyebab eksternal dan upaya revitalisasi tradisi pengentasannya di Kaliori, Rembang, Jawa Tengah. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 7(2), 193-206.

Imron Masyhuri 2003. Kemiskinan Dalam Masyarakat Nelayan. Jakarta. Puslit Kemasyarakatan dan Kebudayaan (PMB) LIPI.

Kartasasmita, G. 1996. Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: Pustaka Cidesindo.

Kusnadi. 2002. Konflik Sosial Nelayan Kemiskinan dan Perebutan Sumber Daya Ikan. LKIS: Yogyakarta.

Mahioborang, A. 2015. Kebijakan pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan masyarakat nelayan (suatu studi di kabupaten sangihe). Politico: Jurnal Ilmu Politik, 1(7), 1151.

Mattulada. 1997. Kebudayaan, Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup. Ujung Pandang. Universitas Hasanuddin.

Rahim, A., & Hastuti, D. R. D. (2018, June). Applied multiple regression method with exponential functions: an estimation of traditional catch fishermen household income. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1028, No. 1, p. 012177). IOP Publishing.

Sallatang, A. 1982. Punggawa-Sawi: Suatu Studi Sosiologi Kelompok Kecil. Jakarta: Penerbit P & K.

Soekanto, S. 1997. Pengantar Sosiologi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudarso. 2008. Tekanan Kemiskinan Struktural Komunitas Nelayan Tradisional di Perkotaan. Jurnal Ekonomi. FISIP. Universitas Airlangga. surabaya.

Suyitno. 2012. Faktor faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan. Ekonomi pembangunan. Menjelajah dunia dengan ilmu pengetahuan.

Syarif, E. 2021. STRATEGI PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA LAUT MELALUI KEARIFAN LOKAL SISTEM PUNGGAWA-SAWI DI DESA PALALAKKANG KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Environmental Science, 3(2), 171-182.

Syarif, E., & Syamsunardi, S. 2021. STUDI PEMBERDAYAAN ANAK NELAYAN MELALUI PENDIDIKAN DI DESA PAKABBA KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Environmental Science, 4(1).

Thalib, U. A. Q., Salam, A., & Baruadi, A. S. 2016. Upaya Nelayan Tradisional dalam Menanggulangi Kemiskinan di Desa Langgula Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, 1(633408042).

Wijayanti, L. 2013. Strategi peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan kecamatan pademawu kabupaten pamekasan. Agriekonomika, 2(2), 139-152.


Article Metrics

Abstract view : 199 times | PDF view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Erman Syarif

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License