ANALISIS KUALITAS AIR TANAH DANGKAL UNTUK KEPERLUAN AIR MINUM DI KELURAHAN BONTONOMPO KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

Hamzar Hamzar(1*), Suprapta Suprapta(2), Amal Amal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v3i2.20048

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk: 1) yaitu untuk mengetahui kualitas fisika, kimia, dan biologi air tanah dangkal di Kelurahan Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. 2) Untuk mengetahui kelayakan air tanah dangkal di Kelurahan Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa untuk digunakan sebagai sumber air minum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu digunakan untuk menggambarkan dan menganalisis suatu hasil penelitian secara sistematis tentang kualitas air tanah untuk kebutuhan air minum di Kelurahan Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode Scoring Struges. Hasil penelitian menunjukkan bahwakualitas air kelurahan bontonompo yaitu ada yang tidak melebihi dan melebihi kada rmaksimum yang diperbolehkan untuk air minum sehingga air tersebut tidak dapat digunkan untuk air minum. Adapun parameter yang melebihi kadar maksimum yaitu parameter suhu dan bau pada titik II, IV dan V, parameter kekeruhan pada titik I, II, IV dan V yaitu 68.0, 17.4, 169, 243 dengan batas maksimal 5, parameter warna pada titik II dan IV yaitu 20.0 dengan batas maksimal 15, parameter iron (Fe) pada titik I, II, IV dan V yaitu 0.465, 3.527, 2.326, dan 0.775 dengan batas maksimal 0.3, parameter e-coli semua titik yaitu 130, 130, 130, 5400 dan 2200 dengan batas maksimal 0. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Metode Stuges menunjukkan bahwa titik I dan III berada pada kelas layak digunakan sebagai sumber air minum, dan pada titik II, IV dan V berada pada kelas tidak layak digunakan sebagai sumber air minum.


Keywords


Kualitas Air Tanah Dangkal; Keperluan Air Minum; Kelurahan Bontonompo

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amanati, Lutfi. 2016. Uji nitrit pada produk air minum dalam kemasan (AMDK) yang beredar di pasaran. Jurnal teknologi proses dan inovasi industri. 2(1): 59-64.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gowa. 2016. Kecamatan Bontonompo Dalam Angka 2016. Kabupaten Gowa.

Basofi Nurqamri Putri. 2020. Kualitas Air Tanah Untuk Kebutuhan Air Minum Di Desa Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Volume 2. Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Budi Endar Sasongko dkk. 2014. Kajian Kualitas Air Dan Penggunaan Sumur Gali Oleh Masyarakat di Sekitar Sungai Kaliyasa Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol 12. ISSN 1829-8907. Program Magister Sains Ilmu Lingkungan,Program Pascasarjana. Universitas Jenderal Soedirman

Budiyono dkk. 2013. Teknik Pengelolaan Air. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Destiquama. 2019. Studi Kelayakan Air Tanah Untuk Kebutuhan Air Minum Di Kelurahan Romang Polong Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Environmental Science. Volume 2. Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Faizal Muhammad, 2019. Kualitas Air Pada Sumber Mata Air Di Pura Taman Desa Sanggalangit Sebagai Sumber Air Minum Berbasis Metode Storet. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha. Volume 7.

Irfandi Fauzi. 2018. Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Kondisi Kualitas Air Tanah Untuk Keperluan Air Minum Di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

La Jafar Kilo. 2018. Analisis Tingkat Kesadahan Air Tanah Di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Jurnal Ilmiah Umg. Volume 7. Program Studi Geografi, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Munfiah, S., Nurjazuli, & Setiani, O. (2013). Kualitas Fisik dan Kimia Air Sumur Gali dan Sumur Bor di Wilayah Kerja Puskesmas Guntur II Kabupaten Demak. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 12(2), 154–159.

Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indionesia Nomor 492/MENKES/PER/2010 Tentang Persyaratan kaualitas Air Minum.

Sawyer, Clair N and Mc. Carty, Perry L; 1967. Chemistry for Sanitary Engineering. Tokyo: Mc Graw-Hill Book Company; Kogakusha Company Ltd.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r & d). Buku. ISBN 979-8433-71-8. Bandung.

Wulan. 2016. Analisis Kualitas Air Sumur Masyarakat Kelurahan Lalolara.


Article Metrics

Abstract view : 2081 times | PDF view : 848 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hamzar Hamzar, Suprapta Suprapta, Amal Amal

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License