ANALISIS KEMACETAN DI BEBERAPA RUAS JALAN DI KABUPATEN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Ibrahim Abbas(1*), Nasiah Badwi(2), Suprapta Suprapta(3), Dinil Qaiyimah(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v3i1.15367

Abstract


ABSTRAK

Kemacetan saat ini telah menjadi permasalahan yang terjadi hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Masalah kemacetan lalu lintas umumnya terjadi di wilayah yang memiliki intensitas aktivitas dan penggunaan lahan yang tinggi. Mengingat semakin meningkatnya tingkat kemacetan yang terjadi khususnya di Kecamatan Somba Opu, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor penyebab terjadinya kemacetan di beberapa ruas jalan di Kecamatan Somba Opu, (2) bagaimana dampak yang ditimbulkan dari kemacetan yang terjadi di beberapa ruas jalan di Kecamatan Somba Opu, dan (3) bagaimana solusi untuk meminimalisir kemacetan di beberapa ruas jalan di Kecamatan Somba Opu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakteraturan di jalan akibat ulah para pengguna jalan, penggunaan bahu dan badan jalan untuk kepentingan pribadi dengan mengabaikan kepentingan pengguna jalan yang lain, kendaraan besar yang melalui jalan sempit dan padat, kondisi jalan yang rusak, aktivitas hewan ternak, serta pusat-pusat kegiatan masyarakat yang umumnya padat pada jam-jam tertentu menjadi penyebab umum terjadi kemacetan di Kecamatan Somba Opu. Dampak dari kemacetan tersebut adalah semakin meningkatnya waktu tempuh yang digunakan oleh para pengguna jalan sehingga lebih menyita waktu serta bahan bakar kendaraan.


Keywords


Peningkatan jumlah kendaraan; kemacetan lalu lintas.

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, S. A. 2011. Perencanaan Pembangunan Transportasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Firmansyah, Deden., dan Tjahjani, A. R. I. 2012. Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Suatu Wilayah (Studi Kasus di Jalan Lenteng Agung). Seminar Nasional Sipil UMS 2012.

Nasution. 2004. Manajemen Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Patriandini, A., Suharyadi, R., Kadyarsi, I. 2012. Kajian Tingkat Kemacetan Lalu Lintas dengan Memanfaatkan Citra Satelit Quickbird dan Sistem Informasi Geografis di Sebagian Ruas Jalan Kota Tegal. Skripsi. Yogyakarta : UGM.

Rohman, M. A., dan Kartikasari, Dwi. 2016. Analisa Kemacetan Lalu Lintas pada Dasar Pasar Tradisional di Ruas Jalan Sekaran-Maduran. Jurnal CIVILLa, 1 (2), 2503-2399

Yunus, H. S. 2010. Metode Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 689 times | PDF view : 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ibrahim Abbas, Ichsan Invanni, Dinil Qaiyimah

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License