PENGGUNAAN LAHAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA PURWOSARI KECAMATAN TOMONI TIMUR KECAMATAN LUWU KABUPATEN TIMUR (STUDI KASUS KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL)

Lilis Suryanhi(1*), Maddatuang M(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v3i1.15362

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tanaman yang dibudidayakan oleh warga di lahan pekarangan, pelaksanaan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dan berapa besar kontribusi dari pemanfaatan lahan pekarangan dalam peningkatan pendapatan rumah tangga di Desa Purwosari Kecamatan Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Total Sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian tanaman yang dibudidayakan oleh responden di lahan pekarangan sangatlah bervariasi seperti sawi, kangkung, kacang panjang, tomat, bayam, kacang melati, dan terung. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Purwosari dilaksanakan dengan membentuk kelompok yang memiliki struktur kepengurusan yang disahkan oleh kepala desa. Kelompok yang telah terbentuk dan memenuhi syarat akan memperoleh dana bantuan dari pemerintah kabupaten untuk budidaya sayur yakni sebesar Rp 40.000.000/ kelompok. Kemudian kelompok KRPL ini akan didampingi oleh pendamping dari kecamatan yang akan membantu mengarahkan dan mengawasi pelaksanaan KRPL. Besar kontribusi dari pemanfaatan lahan pekarangan dalam peningkatan pendapatan rumah tangga responden memiliki nilai yang sangat berarti dengan nilai kontribusi yang paling tinggi yaitu 47.7% dan yang paling rendah adalah 7.41%. Hal ini dapat membantu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Keywords


Kontribusi; pemanfaatan lahan pekarangan

Full Text:

PDF

References


Aminudin, Aditya Kresnawan. 2013. Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Pornografi Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 5 Lembang. Universitas Pendidikan Indonesia.

BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan. 2018. Budidaya Sayuran di Lahan Pekarangan. http://sulsel.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publik asi/panduan-petunjuk-teknis-brosur/132-budidaya-sayuran-dilahan-pek arangan. Diakses pada 2 Januari 2020.

Bantolo. 2019. Ketahanan Pangan Indonesia Masih Rendah. https://rencongpost .com/peneliti-ketahanan-pangan-indonesia-masih-rendah/. Diakses pada 26 Januari 2020.

Dwiratna, dkk. 2016. Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dengan Menerapkan Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. Vol. 5, No. 1. ISSN 1410 – 5675.

Lisa (Layanan Informasi Desa). 2017. Mengenal Jenis-Jenis Tanah dan Komoditas yang Cocok Ditanam di Atasnya. https://8villages.com/full /petani/article/id/5a44b1a5b4cf55bb3 0d13c40. Diakses pada 20 Februari 2020.

M. Alhudhori. 2017. Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.17 No.1.

Kementerian Pertanian RI. 2018. Petujuk Teknis Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Wardoyo, Akhmad Susilo, dkk. 2013. Pemanfaatan Pekarangan Dan Teras Rumah Di Tengah Kota Sebagai Suatu Kawasan Rumah Pangan Lestari (Krpl). Malang : Universitas Terbuka.

Yulida, Roza. 2012. Kontribusi Usahatani Lahan Pekarangan Terhadap Ekonomi

Rumah Tangga Petani Di Kecamatan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Indonesian Journal Of Agricultural Economics (IJAE), Vol. 3, No. 2, ISSN 2087 - 409X.


Article Metrics

Abstract view : 208 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lilis Suryanhi

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License