PEMETAAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN SEPANJANG JALAN BONE-WAJO AXIS DI KABUPATEN BONE

Muhammad Zakir(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v2i2.13373

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah  (1)Untuk mengetahui wilayah mana saja yang sering mengalami kecelakaan.(2)Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi sehingga sering terjadi kecelakaan di daerah tersebut(3) Untuk mengetahui karakteristik jalan yang sering mengalami kecelakaan.Objek penelitian ini yaitu jalan poros Bone – Wajo kabupaten Bone .Data primer yang di gunakan meliputi geometri jalan, rambu – rambu lalulintas ,dan lokasi titik rawan kecelakaan .Data sekunder yang di gunakan meliputi data spasial,data jumlah kecelakaan dan data kondisi jalan di kabupaten Bone.Analisis data yang digunakan adalah Deskriktif Kuantitatif dan metode analisis yang di gunakan yaitu metode analisis cusum untuk mengidentifikasi titik rawan kecelakaan.Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh wilayah tergolong rawan di jalan poros Bone – Wajo enam diantaranya memiliki kriteria rawan kecelakaan (sangat rendah) dan satu tergolong tinggi adapun karakteristik yang mempengaruhinya antara lain penggunaan lahan , rambu lalu lintas kemiringan medan jalan,dan geometri jalan .


Keywords


Lokasi Rawan Kecelakaan; Kabupaten Bone

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Dwiyogo,P dan Prabowo,(2006), Studi Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan (Blackspot dan Blacksite) Pada Jalan Tol Jagorawi. Tugas Akhir,Jurusan Teknik Sipil, Universitas Diponegoro, Semarang.

Kartika ,Metta.2008. Studi Identifikasi Analisis Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Motor Di Wilayah Depok (Menggunakan Data Kecelakaan Polres Metro Depok Tahun 2008). Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, FKM,UI.

Warpani, S, 2002, Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.Penerbit ITB.


Article Metrics

Abstract view : 263 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Zakir

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License