PENGELOLAAN SAMPAH WISATA TANJUNG BAYANG UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK KUNJUNGAN WISATA KELURAHAN TANJUNG MARDEKA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

Bertus Hohoba(1*), Ibrahim Abbas(2), Ichsan Invanni(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v2i1.11424

Abstract


Pengelolaan limbah tidak pernah berhenti untuk dibahas, karena gaya hidup dan budaya masyarakat itu sendiri. Nelayan yang mengelola pariwisata adalah mata pencaharian sehari-hari yang hidup dan melakukan kegiatan di pantai dan memiliki cara mereka sendiri untuk mengelola limbah wisata. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk: (1. Untuk mengetahui pengelolaan sampah di pariwisata Tanjung Bayang, Kecamatan Tanjung Mardeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Tanjung Bayang. RT, dan masing-masing individu memiliki peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini dihitung berdasarkan statistik deskriptif dengan sampel 85 responden di Tanjung Bayang RT, Makassar. Data dikumpulkan melalui wawancara kuesioner masyarakat dan data diproses secara manual. dan disajikan dalam tabel distribusi frekuensi terbantu dalam analisis statistik non-parametrik.


Keywords


Pengelolaan Limbah Pariwisata.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Hidayat, Marceilla. 2011. Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Objek Wisata (StudiKasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat) Tourism and Hospitality Essentials (THE),Journal. PoliteknikNegeri: Bandung.

Manurung, Reni Asituty. 2013. Peran Masyarakat Dan Swasta Dalam Pengelolaan Sampah Di Kota Kecil Jawa Tengah (Studi Kasus: Kawasan Kupang Kidul, Kota Ambarawa). Jurnal:DKIJakarta, Indonesia.

Sofyan, Lusviminda. 2014. Studi Pengelolaan Sampah Hotel Dan Prospek Pengembangannya DiKota Makassar. Jurnal. Universitas Hasanuddin: Makassar.

Wardi, I Nyoman. 2008. Pengelolaan Sampah Berbasis Sosial Budaya Upaya Mengatasi Masalah Lingkungan Di Bali, Jurnal Lingkungan Hidup: Universitas Udayana: Denpasar-Bali.


Article Metrics

Abstract view : 621 times | PDF view : 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bertus Hohoba, Ibrahim Abbas, Ichsan Invanni

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License