Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 10 Bulukumba

nelly nelly(1*),

(1) SMA Negeri 10 Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v2i1.9091

Abstract


This study aims to determine the economic learning outcomes of students by using the STAD Cooperative Learning Model (Student Teams Achievement Division). The method used is a classroom action research approach that takes place in two cycles. Data are analyzed quantitatively and qualitatively. The results of the study showed that the learning outcomes of students in the material analyzing employment problems in Indonesia experienced an increase. This is based on the results of the analysis carried out, obtained classical completeness that is 53.33 percent increased to 86.67 percent

Keywords


Cooperative Learning; STAD; Classroom action research

Full Text:

PDF

References


Agustan. 2012. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Makassar. Makassar. FE UNM.

Akbar, Laode. 2014. Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Tentang Bank Sentral Dan Otoritas Jasa Keuangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement (STAD) Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI Sosial 1 SMA Negeri 2 Watampone. Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Chaeriyah Siti. 2011 . Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas Vii D Smp Negeri 2 Depok Pada Materi Bangun Segi Empat. Skripsi: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY

Daryanto, 2011. Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud. 1989. Garis Garis Besar Program Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. http:// nanunalmufarah. blogspot. com/2012/11 /karakteristik-bidang-studi-ekonomi-unla.html (Diakses Tanggal 02 Maret 2014)

Dewiatmini Pramita. 2011 . Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Peserta didik Kelas Vii A Smp Negeri 14 Yogyakarta Dengan Penerapanmodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (stad).Skripsi: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan AlamUNY

Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Hardiyanti Isti. 2011, Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Peserta Didik Kelas Bilingual VIII c SMP N 1 Wonosari. Skripsi: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan AlamUNY

Isjoni. 20XI . Cooperatif Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kamdi, 2009. Siklus belajar, Pembelajaran Kooperatif dan Media Pendidikan Dalam pemebelajaran Fisika. www.wikipedia.org.com,diakses tanggal 11 Maret 2014

Kusuma, Wijaya, dan Dwitagama. 2011 . Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Mappasoro. 2001. Strategi Pembelajaran. Makassar: FIP-UNM

Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Model pembelajaran kooperatif. Jakarta: PT Raja Grahafindo Persada.

Slavin, Robert. 2009. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Cetakan ke-III. Bandung: Nusa Media.

Sanjaya. Wina. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana.

Slameto. 20XI . Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, Agus. 2009. Kooperatif Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan, suatu pendekatan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Taniredja, Takiran dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Wirnasari. 2012. Peningkatan Kompetensi Mengelola Konflik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Mata Pelajaran Kewirausahaan bagi Siswa Kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Makassar. Makassar. FE UNM.

Yamin, Martinis. 2012. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat. Referensi


Article Metrics

Abstract view : 878 times | PDF view : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 nelly nelly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686