Korelasi Antar Sikap Disiplin Terhadap Budaya Sekolah Di SD Negeri Kompleks BTN Pemda Kota Makassar

Kadariah Kadariah(1*), M. Jafar B(2), Hasmiah Hasmiah(3), Sukarman Sukarman(4),

(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Terbuka
(3) Universitas Terbuka
(4) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i1.12004

Abstract


PeneThis study aims to explain the correlation between disciplinary attitudes towards school culture in the SD Negeri BTN Makassar City Government. Data were analyzed by correlational methods and quantitative approaches. This type of research is an Ex-Post Facto study by examining the correlation between discipline attitudes and school culture in the SDN BTN Makassar City Government. The results of the analysis of the research data processing revealed that there was a positive and significant effect between the attitude of discipline on school culture in students of the SDN BTN Makassar City Government. This means that the disciplined attitude of students as evidenced by compliance, loyalty and good order will create a school culture by enforcing norms or rules and habits / habits that are getting better so that it will create a comfortable and conducive school atmosphere for learning and achievement for students in elementary school Negeri BTN Makassar City Government. This is evidenced by the many achievements achieved by students both between schools in Makassar City and between schools in South Sulawesi.litian ini bertujuan untuk menjelaskan korelasi antar sikap disiplin terhadap budaya sekolah Di SD Negeri BTN Pemda Kota Makassar. Data dianalisis dengan metode korelasional dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan mengkaji korelasi antara sikap disiplin dan budaya sekolah di SD Negeri BTN Pemda Kota Makassar. Untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan dilakukan tes, mengumpulkan data melalui dokumentasi dan observasi. Untuk kepentingan pengelolaan data dalam penelitian ini maka di gunakan analisis korelasional dan regresi linear sederhana, dengan populasi siswa SD Kelas V sebanyak 276 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih sampel sebanyak 25% dari 276 orang populasi yakni sebanyak 74 orang siswa kelas V di SD Negeri BTN Pemda Kota Makassar sebagai sampel.

Hasil analisis dari pengolahan data penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara sikap disiplin terhadap budaya sekolah pada siswa SD Negeri BTN Pemda Kota Makassar. Hal ini berarti sikap disiplin siswa yang dibuktikan dengan kepatuhan, kesetian dan ketertiban yang baik akan menciptakan budaya sekolah dengan menjalankan penegakan norma atau aturan dan kebiasaaan/habit yang semakin baik sehingga akan tercipta suasana sekolah yang nyaman dan kondusif untuk belajar dan berprestasi bagi siswa di SD Negeri BTN Pemda Kota Makassar. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang di raih oleh para siswa baik antara sekolah se Kota Makassar maupun antar sekolah di Sulawesi Selatan

Keywords


Sikap disiplin; budaya sekolah

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo. (2013). Pembelajaran nilai karakter, kontruktivisme & VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Eds VI). Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Pratik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Agus, Sasmito. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menafsirkan Persamaan Akuntasi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Mardisiswa Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal. Vol 1 No. 1. Halaman 1-7. UNNES.

Azwar, Saifuddin. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daryanto. (2015). Pengelolaan budaya dan iklim sekolah. Yogyakarta: Gava

Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.(2007). Pengembangan Budaya dan Iklim Pembelajaran di Sekolah. Jakarta.

Jia, Yueming. (2009). The Influence of Student Perceptions of School Climate on Socioemotional and Academic Adjustment: A Comparison of Chinese and American Adolescents. Jurnal. Volume 80, No. 5, Pages 1514–1530

Listyani, Puri. (2005). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMK Negeri 5 Semarang, Skripsi. Semarang: UNNES.

Lacopa, Arga dan Ismani. (2012). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal. Vol. X No. 2. Halaman 22-42. UNY

Kikyuno. (2012). Makalah budaya sekolah. Blogspot.com. Mei 2012

Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Marzuki, Ide Lia: (2015). Pengembanagn budaya dan iklim sekolah di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Lampung.

Mediauchid, Damiyanti. (2015). Model pendidikan karakter. Yogyakarta: Yogyakarta

Mustari, Mohamad (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta:PT Raja Gravindo Persada.

Nurgiantoro, B dkk. (2002). Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.Yogyakarta: Gadjah Mada Universty Press.

Prijodarminto, Soegeng. (2009). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Cetakan Keempat. Jakarta: PT Abadi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016. (2016) Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran. Jakarta.

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND" Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan", 1(1), 27–33.

Rahmatullah, R. (2018). Pembelajaran Ekonomi Berjatidiri Bangsa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5055

Rahmatullah, R., & Inanna, I. (2017). Identifikasi Nilai-Nilai Ekonomi Sebagai Dasar Merumuskan Materi Pengantar Ilmu Ekonomi Berjatidiri Bangsa. Prosiding Seminar Nasional, 700–704. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/11439/1/PROSIDING NASIONAL MEMBANGUN INDONESIA.pdf

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Nurdiana, N. (2019). Ethnopedagogi dalam pembelajaran ekonomi. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 284–288.

Redan, Basilius. (2012). Hubungan Ketrampilan Managerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Moral Kerja Guru dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Merauke. Jurnal. Vol. 10. No. 3. Universitas Musamus Merauke

Rustiyan: (2011). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja sekolah danmotivasi kerja guru terhadap kompetensi pedagogik guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Pringsewu. Lampung.

Rohman. (2012). Pengaruh Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), Budaya sekolah, dan Kecerdasan Emosional terhadap aplikasi nilai-nilai karakter bangsa pada siswa adiguna bandar lampung. UNILA. Lampung.Tesis tidak diterbitkan.

Sutisno, Rawita. (2013). Mengelola Sekolah Efektif (Perspektif Managerial dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Laks Bang Preesindo.

Sudjana. (2012). Metode Statistika. Tarsido: Bandung

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R dan D. Alfabeta.Bandung.

Suprapto. (2013). Meodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-ilmu pengetahuan sosial. Yogyakarta: CAPS.


Article Metrics

Abstract view : 268 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kadariah Kadariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686