Dampak Sertifikasi Terhadap Peningkatan Kualitas Mengajar Guru Di SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassar

Hasmiah Hasmiah(1*),

(1) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i1.12003

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Dampak Sertifikasi terhadap Peningkatan Kualitas Mengajar Guru di SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassar. Sama dalam penelitian ini adalah guru- guru yang telah lulus sertifikasi. Melalui sertifikasi yang telah didapatkan, diharapkan mampu memberikan pengaruh terhadap kualitas mengajar guru yang semakin baik sehingga menghasilkan tenaga pendidik yang profesional. Tipe penelitian ini adalah eksplanatory dengan pendekatan secara kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan uji pengaruh dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana.

Hasil penelitian diperoleh data bahwa jumlah guru PNS sebanyak 17 orang 13 diantaranya sudah bersertifikasi sedangkan 4 orang lainnya adalah Guru Tidak Tetap (GTT)  dan sudah bersertifikasi atau sekitar 81% guru yang sudah memiliki sertifikasi. Berdasarkan data perhitungan korelasi antar variabel menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sertifikasi guru dengan kualitas mengajar guru. Secara keseluruhan arah hubungan antara kedua variabel tersebut positif. hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai sertifikasi guru maka semakin tinggi pula nilai kualitas mengajar guru. Besarnya korelasi antara variabel sertifikasi guru dengan variabel kualitas mengajar adalah 0,816. Besarnya pengaruh antara variabel sertifikasi guru terhadap variabel kualitas mengajar guru adalah 0,678 atau sama dengan 67,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara sertifikasi guru terhadap kualitas mengajar guru

Keywords


Sertifikasi; Kualitas Mengajar

Full Text:

PDF

References


Acuan Badan Pusat Statistik. (2012). Berita Resmi Statistik No. 33/05/Th. XV, 7 Mei 2012. Keadaan Ketenagakerjaan Pebruari 2012.

Baruningsih, Palupi. (2011). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi di Smk Se-Kabupaten Sragen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Basrah, Hendryadi. (2014). Metode Pengumpulan Data. Http://teorionline.wordpress.com. Diunduh tanggal 27 Februari 2014.

Burhanuddin, Afid. (2013). Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Http:// afidburhanuddin. wordpress.Com/2013/05/21/pengumpulan-data-aninstrument-penelitian. Diunduh tanggal 15 Januari 2014.

Depdiknas. (2013). Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2013. Http://psg15.um.ac.id/leaflet-sertifikasi.pdf. Diunduh tanggal 19 Oktober 2014.

Fahmi, Teuku. (2014). Perbedaan Tingkat Perceived Risk, Fear Of Crime dan Mekanisme Coping pada Masyarakat Yang Beraktivitas di Wilayah Rawan Tindak Kejahatan. Lampung. Universitas Lampung. Gunawan.

Farmawati, E., Ramli, A., & Rahmatullah, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Guru Ekonomi Pada SMA Negeri Di Kota Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 23–29.

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND" Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan", 1(1), 27–33.

Kemdikbud. (2013). Panduan Penetapan Peserta Program Sertifikasi Tahun 2013. Hhtp://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/pdf. Diunduh tanggal 15 Januari 2014.

Lestari, Sri. (2010). Pengaruh Program Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru di MTs Negeri Mlinjon Trucuk Klaten. Yogyakarta.

Poliyama Widyapustaka. Hasibuan, Indah Julita. (2015). Pengaruh Rasa Takut (Fear) Masyarakat Terhadap Mekanisme Coping Terkait dengan Maraknya Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu. Lampung.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta. Rajawali Pers.

Rahmatullah, R., & Inanna, I. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 19–25.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2019). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, 5–7. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429

Sakwati, Monalia. (2015). Pengaruh Partisipasi Masyarakat terhadap Keberhasilan Rural Infrastructure Support To Program Pemberdayaan Masyarakat (RIS-PNPM) Mandiri. Lampung. Universitas Lampung.

Saniyah. (2008). Motivasi Guru dalam Mengikuti Program Sertifikasi Guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Bangkalan. Malang. Universitas Islam Negeri Malang.

Sarwono, Jonathan. (2006). Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS Edisi 1. Yogyakarta. ANDI Singarimbun,

Suryati, Wawat. (2011). Profesi Kependidikan. Bandar Lampung. Lembaga Penerbit STKIP Bandar Lampung.

Suwarto, Tok. (2014). Kompetensi Profesional Guru Pasca-sertifikasi Masih Lemah. Pikiran.


Article Metrics

Abstract view : 722 times | PDF view : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hasmiah Hasmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686