Eco-Culture: Suatu Model Pembelajaran Ekonomi Berorientasi Peduli Lingkungan

Rahmatullah Rahmatullah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.16334

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pendidikan ekonomi yang berlangsung disekolah dapat menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada siswa, serta merumuskan nilai-nilai peduli lingkungan yang dapat  diinternalisasi dalam materi pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada pendekatan sistem menurut Dick dan Carey. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari tahap analisis kebutuhan awal, identifikasi materi ekonomi yang akan dikembangkan, proses pengembangan, tahap kompilasi dan produksi, serta tahap uji coba dan revisi produk. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa karakter peduli lingkungan perlu diintegrasikan kedalam materi pelajaran ekonomi sehingga terbentuk pemahaman, sikap dan perilaku peduli lingkungan yang diimplementasikan dalam berbagai kegiatan ekonomi manusia seperti kegiatan produksi maupun kegiatan konsumsi. Secara sederhana, kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia akan berdampak pada lingkungan, baik sebagai penyedia sumber daya pemuas kebutuhan maupun sebagai objek yang terkena dampak dari aktifitas ekonomi manusia

Keywords


Learning Media; Audio Visual; Canva Application; Online Learning

Full Text:

PDF

References


Budimansyah, Dasi. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mebangun Karakter Bangsa. Bandung: Aksara Press.

Dharmawan, A. H. 2007. Konsep-konsep Dasar dan Isu-Isu Kritikal Ekologi Manusia. Modul Kuliah Ekologi Manusia. Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Bogor: Fakultas Ekologi Manusia IPB.

Dick, W. & Carey, L. 2001.The Sistematic Design of Instruction: Third Edition. USA: Harper Collins Publishers.

Elkind, D. H. & Sweet, F. 2004. How to Do Character Education. Today School, Sept/Oct 2004 Issue.

Gough, A., dkk.2005. Educating for a Sustainable Future, A National Environmental Education Statement for Australian Schools. ISBN 186366 5978, Australia: Curriculum Corporation.

Halid, I., dkk. 2014. Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Sikap Ramah Lingkungan Untuk Mewujudkan Masyarakat Sadar Lingkungan Melalui Gerakan Pondok Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada Dan Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lombok Barat). Jurnal Ekosains, Volume VI No. 1 Maret 2014

Heinich, R. dkk 2002.Instructional Media and Technologies of learning. New Jersey: Pearson Education inc.

Hyvinkaa & Rihimaki. 2003. How to Praktice Ecological, Social, and Economic Sustainability in School. Finland: Silverprint.

Janhonen, H. & Abruquah. 2006. Eco-cultural Theory in the Research of Trans-National Families and Their Daily Life. Finland: University of Helsinki.

Kesuma, D. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lickona, T. 1991. Education For Character. New York: Bantam Books.

Nugroho, I. 2010. Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Falsafah Pandangan Hidup Bangsa Untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pembangunan Lingkungan Hidup. Jurnal Konstitusi, Volume III, No. 2, November 2010

Poespowardojo, S. & Hardjatno, N. J. M. T. 2010. Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa. Pokja Ideologi. Lemhannas, Jakarta.

Priyanto, Yuli., et al. 2013. Pendidikan Berperspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Wacana Vol. 16, No. 1 (2013) ISSN : 1411-0199

Prugh, T. dkk. 1995. Natural Capital and Human Economic Survival. ISEE Solomons MD. International Society for Ecological Economic.

Putrawan, M. I. 2014. Konsep-Konsep Dasar Ekologi Dalam Berbagai Aktivitas Lingkungan. Bandung: Alfabeta.

Seels, B.B. & Richey, R.C. 1994.Instructional Technology: The Definition and domains of the field. Washinton DC: AECT.

Setiaji, K. 2014. “Pendidikan Ekonomi Berwawasan Lingkungan Di Universitas Konservasi (Studi Kasus Integrasi Nilai Konservasi Di Fakultas Ekonomi UNNES)”. Prosiding Pluralisme Dalam Ekonomi dan Pendidikan. Volume 1 Tahun 2014, ISSN 2407-2468, Jurusan Ekonomi Pembangunan FE-UM

Taufiq, M., dkk. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainmen. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII) Volume 3 No.2

Wahjoedi. 2014. Pendidikan Ekonomi Berwawasan Lingkungan, Kebutuhan Generasi kini dan Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional Forum Pimpinan Pascasarjana LPTKN se-Indonesia, Halaman 372-382. ISSN 2356-0754,Program pascasarjana Universitas Negeri Ganesah. Bali 21-23 Juni 2014.


Article Metrics

Abstract view : 409 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rahmatullah Rahmatullah, Inanna Inanna, Andi Tenri Ampa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686