Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja

Dian Intan Tangkeallo(1*), Randi Tangdialla(2),

(1) Universitas Kristen Indonesia Toraja
(2) Universitas Kristen Indonesia Toraja
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.15964

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi UKI Toraja. Sampel penelitian ini berjumlah 241 responden yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja yang telah memprogramkan mata kuliah kewirausahaan. Untuk menguji hipotesis digunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian membuktikan pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa fakultas ekonomi UKI Toraja.

Kata kunci: Pendidikan kewirausahaan, penggunaan media sosial, minat berwirausaha, UKI toraja.


Keywords


Pendidikan kewirausahaan; penggunaan media sosial; minat berwirausaha; UKI toraja.

Full Text:

PDF

References


Afriani, (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Guru

DalamMengajar, Jiwa Kewirausahaan, Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13

Agus Supriyono, Stanislaus. 2006. Analisis Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa: Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. (Skripsi yang tidak dipublikasikan). Koleksi Skripsi Manajemen.Pojok BEI. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi USD.

Agus Wibowo. (2011). Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Arum, P.S. (2014).Minat berwirausaha pada siswa kelas xi jurusan tata boga di smk negeri 2 godean. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Fatoki, Olawale. 2014. The Entrepreneurial Intention of Undergraduate Students in South Africa: The Influences of Entrepreneurship Education and Previous Work Experience. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(7): 294-299.

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2012

Prasetyo (2017) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kreativitas Berwirausaha Siswa Kelasxi Jurusan Pemasaran Smk Muhammadiyah 1 Wonosobo. Fkip: Purworejo.

Retno Budi Lestari dan Trisnandi Wijaya. (2012).Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. Jurnal Ilmiah STIE MDP, Volume 1, Nomor 2, Maret 2012. Hlm. 112-119

Saroni, Mohammad. 2012. Mengelola Jurnal Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Supeni, Retno Endah & Efendi, Muhammad. (2017). Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Jember. Prosiding, SNAPER-EBIS, 449-463

Zimmerer,Thomas W., dkk.(2017). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.


Article Metrics

Abstract view : 1333 times | PDF view : 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian Intan Tangkeallo, Randi Tangdialla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686