ANALISIS EKSISTENSI MARKETPLACE TERHADAP POLA KONSUMSI MAHASISWA DI KECAMATAN PITUMPANUA, KABUPATEN WAJO

Vilda Arjumi(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi marketplace terhadap pola konsumsi mahasiswa di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang mahasiswa yang terdiri dari 75 perempuan dan 25 laki-laki. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purpose sampling. Adapun hasil uji dengan menggunakan SPSS statistic 21, yaitu variabel Gaya Hidup berpengaruh dan signifikan terhadap pola konsumsi mahasiswa dalam berbelanja di marketplace  dengan nilai signifikasi 0,021<0,05 dan thitung (2,348) ≥ ttabel (1,984). Begitupula dengan Sosial Budaya berpengaruh dan signifikan  terhadap pola konsumsi mahasiswa dalam berbelanja di marketplace  dengan nilai signifikasi 0,001<0,05 dan thitung (3,580) ≥ ttabel (1,984). Sedangkan Harga tidak berpengaruh terhadap  pola konsumsi mahasiswa dalam berbelanja di marketplace karena diperoleh nilai signifikasi 0,104 > 0,05 dan  thitung (1,640) < ttabel (1,984). Koefisien determinasi sebesar 37,2% dan sisanya 62,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : harga, gaya hidup, marketplace, pola konsumsi, sosial budaya.


Full Text:

PDF

References


Adzkiya, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Faktor Pendorongnya (Study Kasus Mahasiswa Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2017) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah (Issue 1).Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Astuti, T. P. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Pendidikan IPS FITK UIN Jakarta).Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fadhilla, M. R. (2019). Budaya Konsumerisme Generasi Milineal. https://www.qureta.com/post/budaya-konsumerisme-generasi-milenial

Helmalia, H. (2018).Pengaruh E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang”Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.Universitas Islam Negeri Imam Bonjol. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol.

Mukromah, H. (2016). Masyarakat Hipper-Reality (Kajian Pola Konsumtif Remaja Desa Bajing Kulon atas Handphone). https://doi.org/10.1016/j.pocean.2014.05.001

Nuriyano,M Zaid. Zaenal Abidin, Alif Syahfiar, Fahrul Agil Firmansyah (2019). Analisis Pola Konsumsi Dan Gaya Hidup Mahasiswa Pendidikan Gografi Universitas Jember Angkatan 2018.Majalah Pembelajaran Geografi, 2 no 2.

Ridwan, O. (2018). Pengaruh Online Shop Terhadap Munculnya Perilaku Konsumtif Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Administrasi.

Ristiyanty Prasetyo, J. J. O. .I. (2004).Perilaku Konsumen, Edisi Pertama Jilid 1 Yogyakarta (Edisi Pert).

Sari, C. A. (2015).Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga.Jurnal Antro Unair, 4(2), 205–216..


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Economics and Development

Creative Commons License
Journal of Economics and Development (JEDev) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.