THE DEVELOPMENT OF MATHEMATICS LEARNING INSTRUMENT BY USING REALISTIC SETTING COOPERATIVE STAD TYPE FOR BASIC COMPETENCE OF FRACTION NUMBER
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v1i2.3575
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinawan, M. Kholik., dkk. 2003. Matematika Untuk SLTP Kelas 1. Jakarta: Erlangga.
Bell Gredler, Margaret E. 1991. Belajar dan Membelajarkan (Seri terjemahan).
Jakarta: Rajawali Pers.
Departemen Pendidikan Nasional.2003. Buku Siswa Pelajaran Matematika Kelas I Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Jakarta: Depdiknas.
___________________________. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika Buku 1. Jakarta: Depdiknas.
________________________. (2006). Permen Diknas no. 22 tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas
Dahar, Ratna Wilis. 1988. Teori – teori Belajar. Bandung
Ibrahim, M.,Fida R., Nur, M. dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Press
Karim, Abdul. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas 1 SLTP Model Kooperatif Tipe STAD dengan Laboratorium Mini. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA Surabaya.
Mardiana. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM Makassar.
Martini. 2005. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IIF SMP Negeri 6 Watampone Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Skripsi. tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM Makassar.
Mervin. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA Surabaya.
Mulbar, Usman. 2003. “Realistic Mathematic Education (RME) dan Matematika Modern (New Mathematics).” Jurnal Alumni Volume 4 Nomor 3. FMIPA UNM Makassar.
____________. 2005. “Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (Suatu alternatif menyongsong dunia pendidikan).” Jurnal Alumni, September 2005. FPMIPA UNM Makassar.
Mulyadi. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Pendekatan Realistik di Kelas 2 SLTP Negeri 1 Galang. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA Surabaya.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA Surabaya.
Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press
Siti Nurfatimah. 2004. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Sistem Belajar Tuntas pada Pembelajaran Matematika di SLTP Negeri 26 Makassar. Skripsi, tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM Makassar
Skemp, Richard R. 1982. The Psychology of Learning Mathematics. New Zealand: Penguin Books.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
Suherman, Erman, dkk; 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Common Textbook). Bandung: Penerbit JIC-UPI.
Suradi. 2005.“Memfasilitasi Interaksi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Realistik.” Jurnal Alumni, September 2005 FMIPA UNM Makassar.
______. 2005. Interaksi Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Secara Kooperatif. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA Surabaya.
______. 2007. Model Pembelajaran Resik sebagai Strategi Mengubah Paradigma Pembelajaran Matematika di SMP yang Teachers Oriented menjadi Student Oriented. Laporan Penelitian Hibah Bersaing XIV. Makassar: Lembaga Penelitian UNM Makassar.
Tazuddin., dkk. 2005. Matematika Kontekstual Kelas VII untuk SMP/MTs Kelas VII.Jakarta: Literatur Media Sukses.
Thiagarajan, S., Semmel D. S.,& Semmel M. I. 1974. Intructional Development For Traning Teachers Of Execeptional Children. A source Book Bloomington: Center for Innovation on Teaching the Handicapped.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
______. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi pustaka.
Upu, Hamzah. 2003. Realistic Mathematic Education. Makalah disampaikan pada seminar pendidikan matematika UNM pada tanggal 12 Oktober 2003. Tidak diterbitkan.
.2007. Realistic Mathematcs Education (RME) (Suatu Paradigma Baru Dalam Pembelajaran). Makalah disampaikan pada Matrikulasi Mahasiswa Baru Prodi Matematika PPs UNM Makassar tanggal 8 April 2007.
Widyantini, Th., 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta: Depdiknas
Wijayanti, P. 2000. Pembelajaran Matematika SLTP berdasarkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA Surabaya
Article Metrics
Abstract view : 407 times | PDF view : 83 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Sam Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/