DEVELOPMENT OF STYLE COOPERATIVE LEARNING LEARNING WITH A PROBLEM POSING APPROACH TO GEOMETRY MATERIAL FOR STUDENT CLASS X SMA
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v3i2.3232
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Sambolinggi, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Koopertif Tipe Pasangan Interaktif Pada Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bantaeng. proposal Tidak diterbitkan, program pascasarjana UNM: Makassar
Agusnadi, 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Sekolah menengah Atas. Tesis Tidak diterbitkan, program pascasarjana UNM: Makassar
Aldres. 1961. Bahan Ajar
http://matematikadedi.wordpress.com/2012/08/07/definisi-geometri/.
Amerlin. 1999. Analisis Problem Posing Siswa Sekolah Dasar Negeri II Kecamatan Tomohon Kabupaten Minahasa pada Konsep Operasi Hitung Bilangan Cacah. Malang: IKIP Malang.
Arends, Richard, I. 1997. Classroom Instructional and Management. Central Connecticut State University. The MeGraw Hill Companies, Inc
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Penjamin Mutu Pendidikan, 2013b. Konsep Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Penjamin Mutu Pendidikan, 2013c. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (problem based learning). Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Penjamin Mutu Pendidikan, 2013d. Telaaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Penjamin Mutu Pendidikan, 2013a. Analisis Buku Pendidik Dan Peserta Didik Mata Pelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Fitriani S, 2005. Pendekatan ProblemPosing Berlatar Pembelajaran Kooperatif Untuk Topik Sudut Di Kelas VII SMP Mhammadiyah Limbung. Tesis . Tidak diterbitkan, Surabaya PPs Universitas Negeri Surabaya.
Fidian,-------. Pengertian Bahan Ajar Dan Macam-Macam Bahan ajar. (http://remajasampit.blogspot.com, akses 8 januari 2012)
(http://www.google.co.id. akses 8 januari 2012)
Fikri, Muhammad Ali. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Statistik Dengan Pendekatan Realistik Di SMP 1 Marabahan Kalimantang selatan. Tesis. Tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana UNESA
Hasmianti, 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan pendekatan Kontekstual Pada Materi Logika Matematika. Tesis Tidak diterbitkan, program pascasarjana UNM: Makassar
Herman, 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pengajaran Langsung Untuk Mengajarkan Materi Keseimbangan Benda Tegar Pada Peserta didik Kelas XI IPA2 MMSA Negari Makassar. Tesis Tidak diterbitkan, program pascasarjana UNM: Makassar
Hamzah Upu, 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika, Pustaka Ramadhiman, Bandung.
Ibrahim, Muslimin. 2002. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Dirjend Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (2002).
KEMENDIKBUD, 2013. Kurikulum 2013. Soft Copy. Jakarta
Marsuki A, 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning Pokok Bahasan Perbandingan pada Peserta didik Kelas VII SMP. Skripsi. Tidak diterbitkan, FMIPA UNM: Makassar
Mohammad, 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Penerbit: Pusat Sains Dan Matematika Sekolah UNESA. Surabaya.
Mudhoffir. 1996. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mervin , 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya. PPs Universitas Negeri Surabaya.
Mukhlis, 2005. Pembelajaran Matematika Realistik Untuk materi Pokok perbandingan Di Kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga. Tesis. PPs Universitas Negeri Surabaya.
Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Pembelajaran Matematika Yang Menumbuhkan Kemempuan Metakognitif Untuk Menguasi Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan Surabaya: PPs UNESA
Novita, 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Learning Dalam Pembelajaran Matriks Pada Mahapeserta didik Tekni Informatika STMIK Makassar. Tesis Tidak diterbitkan, program pascasarjana UNM: Makassar
Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran”Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Bandung
Syamsul, 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Realistik Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Tesis Tidak diterbitkan, program pascasarjana UNM: Makassar
Sartono, 2007. Matematika untuk SMA Kelas X. Jakarta
Sobry, 2007. Strategi Belajar Mengajar,Refika Aditama. Bandung.
Sanjaya, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Bandung.
Slavin, R.E. 1994. Educational Psychology: Theories and Practice. Fourth Edition. Masschusetss: Ally and Bacon Publishers.
Sri, 2004. Matematika SMA untuk kelas X. Erlangga. Jakarta.
Silver, E., dan Cai, J. 1996. “An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students”. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27 No. 5, November 1996. 521-539.
Siswono, T. Y. E. 1999. Analisis Hasil Tugas Pengajuan Soal oleh Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Rungkut Surabaya. Makalah Komprehensif. PPs Unesa Surabaya.
Siswono, T. Y. E. 1999. Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Perbandingan di MTs Negeri Rungkut Surabaya. Tesis. PPs Unesa Surabaya.
Suharta, I Gusti Putu. 2000. “Pengembangan Strategi Problem Posing dalam Pembelajaran Kalkulus untuk Memperbaiki Kesalahan Konsepsi”. Matematika: Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Th. VI No. 2, Agustus 2000. Malang: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas Negeri Malang.
Syufri,Muhammad. 2013. “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Problem posing Termodifikasi setting Kooperatif Tipe THINK-TAIR-SHARE Pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 2 Bulukumba”. Tesis. Tidak diterbitkan. UNM
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya
Trianto, 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Upe, Ambo. 2011. Pengembangan perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kooperatif Tipe Jigsaw Termodifikasi (KTJT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Gangkin. Tesis. Tidak diterbitkan. UNM
Article Metrics
Abstract view : 407 times | PDF view : 173 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 . Hasfiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/