QUALITY IMPROVEMENT ON TRANSFORMATION GEOMETRY COURSE THROUGH THE IMPLEMENTATION RECIPROCAL TEACHING MODEL AT MATHEMATICS EDUCATION STUDY PROGRAM IN CHRISTIAN UNIVERSITY OF TENTENA
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v3i2.3231
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Astuti, Reni. 2009. Studi Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelompok Siswa yang Belajar Reciprocal Teaching Dengan Pendekatan Metakognitif dan Kelompok Siswa yang Belajar Dengan Pembelajaran Biasa. Tesis. Tidak Diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. 2005. Educational Administration (seventh ed.), Teori Belajar: Konstruktivis (online), (http://deceng.wordpress.com/teori-belajar-konstruktivis/, Diakses 21 November 2012).
Hudoyo, H. 1998. Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Jakarta.
Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif. Disertasi. Tidak Diterbitkan.
Palincsar, A.S. and Brown, A.L. 1984. Reciprocal teaching of comprehension-fostering and comprehension-monitoring activities. (http://www.unco.edu/cebs/psychology/kevinpugh/6-8360/Palincsar.html, diakses 01 desember 2012).
Rawuh. 1992. Geometri Transformasi. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran (Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar). Bandung: Alfabeta.
Shadiq, Fadjar. 2009. Strategi pembelajaran matematia. Sleman: Depdiknas.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2003. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. & Winataputra, U.S. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Susanta, B. 1990. Geometri Transformasi. MIPA – UGM.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Terjemahan Oleh soetjipto, Helly P. M.A., & Soetjipto, Sri Mulyantini. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Article Metrics
Abstract view : 326 times | PDF view : 250 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Natan Mentaruk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/