COMPARISON BETWEEN THE PROBLEM BASED LEARNING WITH COOPERATIVE LEARNING NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SEEN FROM MATHEMATICAL POWER OF STUDENTS IN SCIENCE CLASS X OF SMAN 1 LAPPARIAJA
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i3.2931
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dahar, Ratna W. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas, 2002. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Ediaman, AR. 2010. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Model Pengajaran Langsung dengan menggunakan Pendekatan Problem Posing Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Guerreiro, A. (2008). Communication in mathematics teacing and learning: Practices in primary education. (online). Tersedia: http//yess4.ktu.edu.tr/YermePappers/Ant_%20Guerreiro.pdf , Diakses tanggal 31 Agustus 2015.
Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Artikel. www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Diakses tanggal 9 September 2015.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Herdian. 2010. Kemampuan Komunikasi Matematika (online) https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi-matematis/, Diakses tanggal 30 juni 2015.
Hernia Ningsih. 2015. Komparasi pembelajaran saintifik setting kooperatif tipe STAD dan PBM ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 6 Watampone. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Huda, Miftahul, 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hudoyo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.
Marpiyanti. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematika melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Topoyo. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics, (online), https://investigations.terc.edu/library/components/principles_standards.pdf, diakses pada tanggal 31 Agustus 2015.
Nurkancana, W. & Sumartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha
Nasional.
Paronda, Naimah. 2010. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika Di SMP. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan cara Belajar Aktif (CBSA). Bandung: Tarsito.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Said, M. 2010. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 19 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Slavin , R. E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (edisi 8). Bandung: Nusa Media.
Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.
Suherman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Sumarmo, U. 2013. Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan F-MIPA Universitas Pendidikan Indonesia
Sumarni. 2010. Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dan Tipe NHT (Number Head Together) Pada Materi Suku Banyak. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Takdirmin. 2010. Analisis Pemahaman Siswa SMP terhadap Konsep dan Prinsip dalam Matematika. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Taniredja, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Thobroni, M. & Arif Mustofa. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tiro, M.A. 2010. Cara Efektif Belajar Matematika. Makassar: Andira Publisher.
Tiro, M.A. 2008. Dasar-dasar Statistika(edisi ketiga). Makassar: Andira Publisher.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.
Uno, Hamzah B., dan Satria Koni. 2014. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang : Unsri
Article Metrics
Abstract view : 396 times | PDF view : 220 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 . Sunarti.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/