DESCRIPTION OF STUDENTS’ ACTIVITY IN MATHEMATICS LEARNING THROUGH THE IMPLEMENTATION OF APTITUDE TREATMENT INTERACTION BASED ON COGNITIVE STYLE OF GRADE IX.2 AT SMPN 26 MAKASSAR
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i3.2927
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Asdi Mahasatya.
Anton, Howard. 1994. Aljabar Linear Elementer. Jakarta:Erlangga.
Cramer, K., Post, T. And Behr, Merlyn. 1981. Cognitive Restructuring Ability, Teacher Guidance, and Perceptual Distrater Tasks: An Aptitude-Treatment Interaction Study, 20 (1), 103-110. (1989, January). (journal for Research in Mathematics).
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Fathurrohman,Pupuh & Sutikno, M.Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. PT Refika Aditama:Bandung.
Febrika, Melzi. 2010. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran KOOperatif Tipe STAD Di SMPN 17 Solok Selatan. Tesis online. Padang
Fitasari L., Trapsilasiwi D. Dan Setiawan, Bara. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Kelas VIII-B SMP Negeri 3 Panarukan Tahun Ajaran 2013/2014. Vol 4, No 3 hal 171-180, Agustus 2015. (journal). Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasniar. 2011. Eksplorasi Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Memperhatikan Gaya Kognitif Pada Kelas X MAN 1 WATAMPONE. Tesis. Makassar : Pps UNM.
Hujodo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: GP Press.
Jessica. 2009. Pengertian Aktivitas Menurut Para Ahli. (online). http://soddis.blogspot.co.id/2013/08/pengertian-aktivitas-menurut-para-ahli.html
Keefe, James W. and Ferrell, Barbbara G. 1990. Metode Aptitude Treatment Interaction (online). https://quantumppkn.wordpress.com/2013/05/22/metode-aptitude-treatment-interaction/
Mayasari, Asputri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Pada Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 6 Madiun Dalam Faktorisasi Aljabar. Vol 3 No 1. (journal). Jurusan Matematika (FMIPA). Universitas Negeri Surabaya.
Mattheus, K.R. 1998. Elementary Linear Algebra. (Second online version). University Of Queensland.
Moertiningsih. 2011. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Yang Dimodifikasi Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kabupaten Grobogan. Tesis Online. Surakarta.
Noormandiri. 2007. Matematika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Nur, M. Ghufron & Risnawita, R., 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Nurdin, Syafrudin. 2005. Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Ciputat: Quantum Teaching, Cet.I.
Riyadi. 2013. Proposal Penelitian Aktivitas Siswa. (online). https://badriyadi.wordpress.com/proposal-penelitian/aktivitas-siswa/
Sardiman, AM. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Grasindo Persada.
Siregar, Eveline. & Nara, Hartini. 2010. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudirman. 2005. Cerdas Aktif Matematika. Jakarta: Ganexa Exact.
Suherman, Erman. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Sumberto. 2013. Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode inkuiri di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Padang Pio. Jurnal.
Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tiro, Muhammad Arif. 2010. Cara Efektif Belajar Matematika. Andira Publisher: Makassar.
Uno, B. Hamzah. 2008. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif). Bumi Aksara: Jakarta.
Uzer, Mohammad Usman. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wayan, Sandra. 2013. Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Dan Gaya Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Vol 2. (journal).
Widiastuti, Wulan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMPN 10 Tangeran Selatan. Skripsi Online. Jakarta
Zahara, Tengku Djaafar. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Balitbang Depdiknas
Article Metrics
Abstract view : 930 times | PDF view : 105 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Mike Kusumawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/