MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY IN SOLVING MATHEMATICS PROBLEM BASED ON INITIAL ABILITIES OF STUDENTS AT SMPN 10 BULUKUMBA
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i2.2899
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. 1987. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Anita. 2011. Deskripsi Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah Matematika Di SMK Negeri I Pallangga Kabupaten Gowa ditinjau daritipe Kepribadian. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Andari, Tri. 2010. Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas V Sd Se-Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Tesis. Tidak Diterbitkan. Surakarta: PPS Universitas Sebelas maret.
Arfiyani, Dewi. 2014. Deskripsi Proses Berpikir dalam Menyelesaikan Masalah Representasi Matematika pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Pinrang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Avianti, Nunik. 2011. Mudah Belajar Matematika untuk Kelas IX SMP/MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan nasional
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan menengah.
Eka, Karunia. 2014. Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP: jurnal pendidikan Unsika. Volume 2 Nomor 1 November 2014, 36.
Harahap, Halomoan. 2015. Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/2013:Jurnal EduTech Vol .1 No 1 Maret 2015.
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang
Ikram, Muhammad. 2013. Eksplorasi Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis Pada Siswa Kelas XII-IPA.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Kanisius, mandur. 2013. Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta Di Kabupaten Manggarai:Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha,Volume 2.
Kasmila, Sitti. 2011. Deskripsi Kemampuan Menyelesaikan Masalah Pecahan Operasi Penjumlahan dalam Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas V SD Pertiwi. Tesis. Tidak Diterbitkan.Makassar: PPS UNM.
Mahmudi, Ali. 2008. Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2015.
Milda, Afni. 2012. Deskripsi kesalahan Siswa dalam memecahkan masalah Trigonometri Pada kelas X-A SMAN 12 Cenrana Maros. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Muhkal, M. 2009. Materi Kuliah Strategi Belajar Mengajar Matematika. Makassar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.
Munib, Achmaddkk. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UNNES Press.
Nirmala. 2009. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan pemecahan Masalah Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Tidak diterbitkan. Bandung. PPs UPI.
Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk Kelas VIII SMP dan MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan nasional.
Nurwijaya, Sugian. 2014. Profil Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Negeri 1 Watampone. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Padang, Neli Salu. 2014. Eksplorasi Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Kemampuan awal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantepao. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Rafrin, Asmawaty. 2014. Profil Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Kemampuan Awal matematika Pada siswa kelas VIII SMPN 12 Makassar. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung : Tarsito.
Ruspiani. 2000. Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematis. Tesis. Tidak Diterbitkan. Bandung : PPs UPI.
Soemarmo dkk. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Cimahi:Refika Aditama.
Sudjana. 1996. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 2341 times | PDF view : 1105 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Sriwahyuni Latif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/