THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE MODEL OF MISSOURY TYPE OF MODIFIED MATHEMATICS PROJECT CONCERNING COGNITIVE STYLE (EXPERIMENT STUDY ON LINES AND ANGLES MATERIAL OF CLASS VII AT MTS. MUALLIMIN MUHAMMADIYAH IN MAKASSAR
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i2.2896
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak. 2001. Komunikasi Pembelajaran: Pendekatan Konvergensi dalam Peningkatan Kualitas dan Efektivitas Pembelajaran. Bandung: UPI
Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia
Agung NG. 2006. Statistika Penerapan Model Rerata Sel Multivariat dan Model Ekonometri dengan SPSS. Jakarta: Yayasan SAD Satria Bhakti
Ahmadi. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu “Pengaruhnya Terhadap Konsep, Mekanisme, dan Proses Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri”. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ardana, I Made. 2002. Pengembangan Bilangan Bulat Berorientasi pada Kecendrungan Kognitif Secara Psikologis sebagai Upaya Peningkatan Konsep Diri Akademis Matematika Siswa Sekolah Dasar Laboratorium IKIP Negeri Singaraja. Makalah S3. Surabaya: Pascasarjana UNESA.
Arends, R. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company
Arend, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi-7. Terjemahan H. P. Soetjipto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, Saifuddin. 2016. Konstruksi Tes Kemampuan Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Curzon, L. B. 1983. Teaching in Further Education. London: Casell.
Didi. 2014. Filsafat Matematika. Bandung : Alfabeta
Dimyanti & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Cet. II, Jakarta: Rineka Cipta.
Erviana, Lilis. 2014. Pengaruh Minat Belajar, Sikap, dan Persepsi Siswa tentang cara Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Haling, A. dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Hassan. 2009. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hudojo. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Intang Baso, S. 2005. Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Sikap Siswa. Disertasi. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Janzen, Reynolds . 2007. Encyclopedia of Special Education Third Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Joyce, Bruce & Marsha Weil. 1980. Models of Teaching, Fifth Edition. USA : Allyn and Bacon A Simon & Scuster Company.
Kagan. 1986. Psychology and Education, an Introduction. New York: Harcourt Brace Inc.
Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Kusnendi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural (Satu dan Multigroup Sampel dengan LISREL). Bandung: Alfabeta
Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nuraeni. 2011. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah SPLDV Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa MTs Muallimin Makassar. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Nurdin. 2005. Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gaya kognitif Guru dan Gaya Kognitif Siswa pada Kelas II SMU Negeri 3 Makassar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 055(11), 469-489, (Online), (http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/115505469489.pdf, Diakses 14 Mei 2016)
Nurhayati. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit UNM
Nurkancana, Wayan, dan PPN Sumartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Nurulhayati, Sitti. 2002. Pembelajaran Kooperatif yang Menggairahkan. Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan TK dan SD.
Maharuddin . 2010. Perencanaan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM
Raehana. 2013. Pengaruh RegulasiDiri, Motivasi Berprestasi, Iklim Keluarga, dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri di Kota Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Univeristas Negeri Makassar.
Rahman, A. 2008. “Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Secara Psikologis Dan Konseptual Tempo Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makasar”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 072, Tahun ke-14, Mei. 452-473.
Rahmawati. 2013. “Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Tipe Jigsaw Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP”. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Univeristas Negeri Makassar.
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Edisi ke-2. Unesa
University Press.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM
Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Santyasa. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Makalah disajikan dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru-guru SMP dan SMA di Nusa Penida tanggal 29 Juni s.d 1 Juli 2007.
Sarwono J dan Budiono H. 2012. Statistik Terapan Aplikasi untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Savage. 1987. Effective Teaching in Sosial Studies. Third Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Setiawan. 2000. Pembelajaran Matematika Aktif Efektif. Yogyakarta: PPPG Matematika
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Cet: keempat. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Slavin, R.E. 2007. Effective Programs in Elementary Mathematics : A Best-Evidence Synthesis. U.S. : Department of Education.
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Soedjadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.
Suchaini Udin. 2008. Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Guru dan Gaya Kognitif Siswa Pada Kelas II SMA (Online), (http://suchaini.wordpress.com, Diakses 6 Juli 2016)
Sugiyono. 2010. Metode Pelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Surabaya: JICA
Tim Prima Pena. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Gita Media Press
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto 2011. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Widyantini. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Article Metrics
Abstract view : 503 times | PDF view : 219 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Nur Iffah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/