PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLODITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN GENDER

Ramlan M(1*),

(1) STKP YPUP Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2455

Abstract


Pemecahan masalah matematika telah diteliti oleh banyak ahli namun pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO (Structure of Obsrved Learning Outcomes) ditinjau dari gaya kognitif dan gender masih kurang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menggambarkan profil pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO ditinjau dari gaya kognitif dan gender. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil pemecahan masalah matematika dengan cara mengungkap dan mengklasifikasikan kemampuan siswa dalam merespon suatu masalah yang ditunjukkan siswa ke dalam 4 level berpikir menurut taksonomi SOLO yaitu unistruktural, multistruktural, relasional, dan abstrak yang diperluas. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu tes GEFT, tes superitem, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sangalla’ yang terdiri dari 2 orang siswa gender laki-laki bergaya kognitif field independent, 2 orang siswa gender perempuan bergaya kognitif field independent, 2 orang siswa gender laki-laki bergaya kognitif field dependent dan 2 orang siswa gender perempuan bergaya kognitif field dependent. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis tugas dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (a) subjek gender laki-laki bergaya kognitif field independent (LFI) menunjukkan kecenderungan berpikir yang relatif sama pada level unistruktural, multistruktural, dan relasional dan kecenderungan berpikir yang berbeda pada level abstrak yang diperluas. (b) subjek gender perempuan bergaya kognitif field independent (PFI) menunjukkan kecenderungan berpikir pada level relasional, (c) subjek gender laki-laki bergaya kognitif field dependent (LFD) menunjukkan kecenderungan berpikir yang relatif sama pada level unistruktural dan multistruktural dan kecenderungan berpikir yang berbeda pada relasional dan kembali menunujukkan kecenderungan berpikir yang relatif sama pada level abstrak yang diperluas, (d) subjek gender perempuan bergaya kognitif field dependent (PFD) menunjukkan kecenderungan berpikir yang relatif sama pada level unistruktural dan multistruktural dan kecenderungan berpikir yang berbeda pada relasional dan level abstrak yang diperluas.

 

Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Taksonomi SOLO, Gaya Kognitif, Gender


Full Text:

PDF

References


Alamolhodaei, Hassan. 2010. Convergent/Divergent Cognitive Styles And Mathematical Problem Solving Ferdowsi University Of Mashhad Mashhad, Iran. Journal Of Science And Mathematics Education In S.E. Asia Vol. Xxiv, No. 2. Diakses 28 Desember 2014.

Altun, A., dan Cakan, M. 2006. Undergraduate Students’ Academic Achievement, Field Dependent/Independent Cognitive Styles and Attitude toward Computers. Educational Technology & Society, 9 (1), 289-297. (http://ifets,info/jornals/9_1/23.pdf, Diakses 28 Desember 2014.

Asikin, Muhammad. 2003. Pengembangan Item Tes dan Interpretasi Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Geometri Analit berpandu pada Taksonomi Solo. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Ekawati R, Junaedi I & Nogroho E. 2013. Studi Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo. Unnes Journal of Mathematics Education Research 2 (2) (2013), (Online) : (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer), Diakses 19 Desember 2014

Geary, D. C. et.all. 2000. Sex Differences in Spatial Cognition, Computational Fluency, and Arithmetical Reasoning. Journal of Experimental Child Psychology, 77: 337-353.

Goodchild, S. & Granholm, B. 2007. An Exploratory Study of Mathematics Result: Wh at is the Gender Effect?. International Journal of Science and Mathematics Education, 7: 161-182

Hightower, M.W. 2003. The “Boy-Turn” in Research on Gender and Education. Review of Educational Research. 73: 471-498.

Laisow, R, Sujadi, I & Suyono. 2012. Profil Respons Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo Ditinjau Dari Minat Belajar Matematika. (Online): (http://eprints.uns.ac.id/997/1/193-358-1-SM.pdf), Diakses 30 Desember 2014

Lim Hooi Lian, Wun Thiam Yew & Noraini Idris. 2010. Superitem Test; An Alternative Assesment Tool to Assess Students Algebraic Solving Ability. Malaysia: Sains University , (Online) : (http://www.cimt. plymouth.ac.uk/journal/lian) . Diakses 4 Agustus 2014.

Manibuy, R, Mardiyana, Saputro, D. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi SOLO Pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol. 2, No.9, hal 933-945, (Online) : (http://jurnal.fkip.uns.ac.id). Diakses 23 Desember 2014

Nafi’an, M.I (2011). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gender Di Sekolah Dasar. (Online) Ilman.unesa@gmail.com. (http://eprints.uny.ac.id/7413/1/p-53), Diakses 28 September 2014

Oh, Eunjoo, Lim, Doohun. 2005. Cross Relationship Between Cognitive Styles and Learner Variables in Online Learning Environment.Journal of Interaktive Online Learning. Vol. 4, No. 1, pp. 55-66.

Pithers R. T. 2002. Cognitive learning style: a review of the field dependent-field independent approach, Journal of Vocational Education & Training, 54:1, 117-132, University of Technology: Sydney, Australia. Diakses pada tanggal 9 September 2014.

Polya, G. 1973. How To Solve It : A New Aspect of Mathematical Methode. New Jersey Princeton University Press

Rahman, Abdul. 2010. Profil Pengajuan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.


Article Metrics

Abstract view : 1254 times | PDF view : 1038 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ramlan M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Magister Program of Mathematics Education

prostgraduate Universitas Negeri Makassar

ramlan.mm@unm.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by

  

 

  

 

 Creative Commons License
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats