Mathematics Analysis Ability ff Junior High School Students In Solving Story Problems
(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jdm.v10i1.16848
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lempuing Jaya dengan sampel penelitian adalah kelas IX.1. Subjek yang diambil dalam penelitian ini 21 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian kemampuan penalaran matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita dikategorikan rendah.
Kata kunci : kemampuan penalaran matematis, soal cerita.
Full Text:
PDFReferences
Afinnas, Masrukan, & Kurniasih, (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Model Self-Regulated Learning Asesmen Kinerja Ditinjau dari Metakognisi. Proseding Seminar Nasional Matematika, (197-207). Semarang.
Aisyah, A.(2016).Studi Litelatur: Pendekatan Induktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Generalis dan Self-Confident Siswa Smk. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, Vol 1: No 2.
Alifin, R., Kodirun, & Ikman. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Metamatis Siswa Kelas VIII.c SMP Negeri 5 Kendari Ditinjau Dari Perspektif Gender . Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Vol 6; No 1.
Basuki, N. (2015). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Pelajaran Matematika AIswa Kelas VII SMPN 2 Bumiratu Nuban Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, Vol. 4, No. 1, 78-91.
Fajriani, & Masni, E. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy,Vol.2, No.1, 63-73.
Fitri, R., & Yani, O. (2017). Penerapan model pembelajaran round club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. MES, Vol.2, No. 2, 52-58.
Gunawan, A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru SekolahDasar, Vol 9. No 2, 216-225.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika . Bandung.
Permendikbud.(2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indinonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtdiyah.
Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gender pada materi geometri. Jurnal Numeracy,Vol.5,No.1, 41-48.
Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal kajian Pembelajaran Matematika, Vol 2; No 1.
Wahyuddin, & Muhammad, I. (2016). Analisis kemampuan menyelesaian soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Se-kota Makasar. Suska Journal Of Matematics Education, vol.2. no.2.
Wijaya, A. A., & Masriyah. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Liniear Dua Variabel . jurnal matematika, FMIPA, Unesa.
Yenni, & Aji, R. S. (2016). Analisis Kemampuan Peanlaaran Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together. Prima,Vol.V,No.II, 73-81.
Yuaniawati, T. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta didik Siswa Daalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Simki-Teching Vol.01. No. 01, 3-6.
Article Metrics
Abstract view : 78 times | PDF view : 65 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Uci Sulistiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/