KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAJENE

Aqsha Al A’raf, Suradi Tahmir, Abdul Rahman(1*),

(1) Makassar State University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1318

Abstract


Abstrak; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan menggunakan pendekatan scientific setting kooperatif, untuk mengetahui bagaimana aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan scientific setting kooperatif dan untuk mengetahui bagaimana keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Majene tahun pelajaran 2015/2016. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah stratified cluster random sampling dan terpilih  siswa kelas VIIIB dan VIIIF sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas dan angket motivasi belajar siswa. Prosedur yang ditempuh di dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas VIIIB hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif, dan motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang. Hal serupa juga terjadi pada kelas VIIIF dimana hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif, dan motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang. Sehingga berdasarkan kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan scientific setting kooperatif pada kelas VIIIB dan VIIIF berada pada kategori efektif.

 

Kata kunci: Model kooperatif, pendekatan scientific, keefektifan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1989 times | PDF view : 1334 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Aqsha Al A’raf, Suradi Tahmir, Abdul Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Magister Program of Mathematics Education

prostgraduate Universitas Negeri Makassar

ramlan.mm@unm.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by

  

 

  

 

 Creative Commons License
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats