PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII UNGGULAN SMPN 1 WATAMPONE

Sadriwanti Arifin, Abdul Rahman Asdar(1*),

(1) Makassar State University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1313

Abstract


Abstrak; Pemecahan masalah matematika telah diteliti oleh banyak ahli namun pemecahan masalah matematika yang ditinjau dari gaya kognitif dan efikasi diri masih kurang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang bertujuan menggambarkan profil pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kongnitf dan efikasi diri. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrument utama yang dipandu tes GEFT,tes efikasi diri, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Subjek penelitianadalahsiswa kelas VIIIA dan kelas VIIIB SMP Negeri 1 Watampone yang terdiri dari 8 kelompok yaitu 2 orang siswa field independen, 2 orang siswa field dependen, 2 orang siswa efikasi diri tinggi, 2 orang siswa efikasi diri rendah, 2 orang siswa field independent efikasi diri tinggi, 2 orang siswa field independent efikasi diri rendah, 4 orang siswa field dependent efikasi diri tinggi, 2 orang siswa field dependent efikasi diri rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis tugas dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dalam 8 kelompok tersebut terdapat warna berbeda yang bisa diperoleh dari keragaman pemecahan masalah matematika dengan memperhatikan gaya kognitif dan efikasi diri. Siswa dengan gaya kognitif field independen memilki respon pemecahan masalah matematika yang lebih kompleks dibandingkan dengan field dependen yang cara pengerjaannya lebih umum. Disinilah efikasi diri akan berperan sebagai faktor yang mempunyai pengaruh besar terhadap gaya kognitif yang dimilki oleh siswa dalam pemecahan masalah matematika.

 

Kata kunci:  Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Kognitif, Kecerdasan Efikasi Diri


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2502 times | PDF view : 2932 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Sadriwanti Arifin, Abdul Rahman Asdar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Magister Program of Mathematics Education

prostgraduate Universitas Negeri Makassar

ramlan.mm@unm.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by

  

 

  

 

 Creative Commons License
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats