Description Of Quality Learning Mathematics Of Students In Class Viewed From Emotional Intelligence In Class XI Transformation Materials In SMA 2 Majene
(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v7i3.11871
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aritonan, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 11.
Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243–255.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauziyah, A. (2013). Pengaruh Kreativitas dan Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Garis Singgung Lingkaran pada Siswa Kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. IAIN Tulungagung.
Gie, T. L. (1998). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: PUBIB.
Ginanjar, A. (2007). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: ESQ. Jakarta: Arga.
Goleman, D. (1998). Working with emotional intelligence. Bantam.
Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosional. Gramedia Pustaka Utama.
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Sman Di Kecamatan Kebon Jeruk, 16.
Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Niaga Swadaya.
Hamzah & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hamzah, Uno. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hutabarat, E. P. (1995). Cara Belajar Pedoman Praktis Untuk Belajar Secara Efisien dan Efektif Pegangan Bagi Siapa Saja Yang Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press inc.
Kartnini, Cristiana. (2008). Peningkatan Pembelajaran Minat Matematika.
Latif, S. (2015). Deskripsi kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematikasiswa yang berkemampuan awal tinggi di kelas VII SMP 24 Bulukumba.tesis. Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Masykur, M., & Fathani, A. H. (2007). Mathematical Intelligence Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nasution. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhayati, E. (2014). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakara: Pustaka Pelajar.
Nyayu, K. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.
Pujianti, A. (2012). Kontribusi Empati terhadap Perilaku Altruisme pada Siswa Siswi SMA Negeri 1 Setu Bekasi. Skripsi. Universitas Gunadarma.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532.
Rochyati, Umi & Ratna. (2011). Jurnal Peningkatan Kualitas pembelajaran dan Character Building.
Saputra, Kadek Yudi. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran Motivasi Belajar Terhadap hasil Belajar IPS Siswa SMP Maulana Pengayaman. Vol.5 Nomor 1.
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Satria, D. (2010a). Korelasi Aktivitas Belajar di Luar Jam Sekolah dengan Hasil Belajar Fiqih Siswa di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darussalam Saran Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu.Tesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Satria, D. (2010b). Korelasi Aktivitas Belajar Di Luar Jam Sekolah Dengan Hasil Belajar Fiqih Siswa Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darussalam Saran Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu, 73.
Shapiro, L. E. (1998). Mengajarkan emotional intelligence pada anak. Jakarta: Gramedia.
Shipley, N. L., Jackson, M. J., Segrest, S. L. (2011). The Effects of Emotional Intelligence, Age, Work Experience, and Academic Performance. Research in Higher Education Journal. University of South Florida St. Petersburg.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya.
Steven, S. J, & Book, H. E. (2002). Excecutive EQ. Bandung: Penerbit Kaifa
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, 11.
Supardi, US. (2008). Pengaruh Bentuk Tes Formatif dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar matematika. Jurnal Ilmiah FAKTOR Exacta
Susilawati. (2012). Program Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Tahir, S. R. (2015). Profil berfikir kritis dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari perbedaangender kelas XI SMA negeri 1 Tondong Tallasa.Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Tafsir, Ahmad. (2004). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Thaib, Eva Nauli. (2013). Hubungan Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah, Vol.XIII No.2.
Tiro, Muhammad Arif. 2010. Cara Efektif Belajar Matematika. Makassar: Andira Publisher.
Tohirin. (2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Triatna, C., & Risma, K. (2008). EQ Power Panduan Meningkatkan Kecerdasan Emosional. Bandung: Citra Praya.
US, S. (2013). Hasil belajar matematika siswa ditinjau dari interaksi tes formatif uraian dan kecerdasan emosional.
Zulkarnain, Z. (2017). Deskripsi Kualitas Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Domisili dan Perbedaan Gender pada MTs Muhammadiyah Punnia Pinrang. Tesis. Program Pasca Sarjan Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Article Metrics
Abstract view : 203 times | PDF view : 33 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Djadir Djadir, Hamzah Upu, Hairunnisa Mahyuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/