Manajemen Kelas Pada Sekolah Dasar Negeri 29 Ciniayo Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPTI JENEPONTO
(2) STIE YAPTI Jeneponto
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v1i2.9819
Abstract
Studi ini mengkaji tentang manajemen kelas pada Sekolah Dasar Negeri 29 Ciniayo, fokus penelitian adalah Bagaimanakah gambaran manajemen kelas pada Kelas V di SD Negeri 29 Ciniayo Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas pada kelas V di SD Negeri 29 Ciniayo Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu berusaha menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas di SD Negeri 29 Ciniayo Kabupaten Jeneponto sudah berjalan sesuai dengan ketentuan sebagaimana yang kita harapkan, akan tetapi belum maksimal. Hal ini disebabkan karena penciptaan atmosfir belajar, pengaturan meja-kursi, penataan ruang kelas sebagai sentra belajar, pengelolaan aktifitas belajar siswa dan pengaturan waktu belum dikelola secara professional. Oleh karena itu kompetensi professional guru khususnya yang berkaitan dengan kemampuan dalam mengelola kelas perlu ditingkatkan melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan.
Article Metrics
Abstract view : 210 times |Published by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.