BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH KEBANGSAAN SRI PULAI PERDANA JOHOR BAHRU MALAYSIA

Ahmad Restani Syukron Thayyib(1*), Sitti Habibah(2), Sumarlin Mus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i2.9532

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang penerapan budaya sekolah yang ada di Sekolah Kebangsaan Sri Pulai Perdana (SKSPP) Johor Bahru Malaysia khususnya dari aspek kasat mata (visual) baik dari visual verbal dan visual material. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana budaya sekolah di SKSPP Johor Bahru Malaysia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan budaya sekolah yang ada di SKSPP Johor Bahru Malaysia. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Kebangsaan Sri Pulai Perdana Johor Bahru Malaysia. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru besar (kepala sekolah), guru penolong kanan pentadbiran (wakil kepala sekolah bidang kurikulum), guru-guru, dan murid. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek budaya sekolah visual material struktur bangunan SKSPP sangat tertata dan memiliki fasilitas sekolah yang lengkap sehingga sangat mendukung penerapan budaya sekolah. Sudut-sudut sekolah diberikan hiasan dan semboyan dengan tema mata pelajaran serta disajikan dengan cara yang menyenangkan. Pemanfaatan seragam sekolah berupa rompi di SKSPP digunakan sebagai pembeda antara murid yang memiliki tanggung jawab dan tugas khusus. Penerapan budaya dari aspek visual verbal juga berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan penjabaran visi misi sekolah yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan Malaysia melalui berbagai program sekolah untuk meningkatkan kecerdasan spiritual, intelektual, dan moral yang dimiliki murid. Hadiah dan sanksi juga diberikan kepada murid dan guru yang berprestasi. Upacara dilakukan dengan khidmat dan penuh makna. Program sifar tong sampah untuk membina sikap dalam menjaga kebersihan. Lost and found box membina sikap kejujuran. Memberikan nasihat membina sikap disiplin dan bertanggung jawab.

Keywords


School Culture, Visual Material, Visual Verbal.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arismunandar. 2005. Manajemen Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Beare, Hedley. 1985. Creating an Excellent School Some New Management Techniques. Disunting oleh Brian J Caldwell dan Ross H Millikan. Milton: Routledge. http://public.eblib.com/choice/PublicFullRecord.aspx?p=5391313.

Daryanto, dan Tutik Rachmawati. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Maryamah, Eva. 2016. “Pengembangan Budaya Sekolah.” Tarbawi 2: 86–96.

Muhaimin. 2011. Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suhartono, Suparlan. 2015. Filsafat Administrasi Pendidikan (Sebagai Jalan Lurus Menuju Tujuan Pendidikan). 1 ed. 1. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 153 times | PDF view : 31 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.